Suara Dentuman dilangit, Heboh-kan Masyarakat

aa

Heboh – Sejumlah masyarakat telah dihebohkan dengan seuara dentuman dari langit pada dini hari tadi(11/04/2020). Namun sduah dipastikan bahwa suara tersebut bukan berasal dari langit.

Baca juga : Istri Mendiang Glenn Fredly

Menutur Kepala Lembaga Penerbangan dan Anatriksa Nasional(LAPAN) hingga saat ini tidak ada satupun fenomena langit yang dikaitkan dengan suara dentuman dini hari tadi. “Tidak ada fenomena langit yang terkait klaim suara dentuman semalam. Fasilitas LAPAN pun tidak terkait CS LIVE22 untuk mendeteksi klaim dentuman itu,” kata Thomas kepada Okezone.

LAPAN kuga sudah memastikan, suara tersebut bukalah berasal dari letusan Gunung Anak Krakatau. Letusan Gunung Anak Krakatau dipantau melalui citra satelit cuaca (visible and infrared) tanggal 10-11 April 2020, tampaknya mulai pukul 23.10 WIB mengeluarkan debu vulkanik dari letusan yang menyebar ke arah barat hingga pukul 05.00 WIB, di mana sekitar pukul 24.00 nampak muncul semburan debu vulkanik membesar dari letusan besar.

Jadi, suara dentuman yang Heboh terdengar di Jakarta-Depok yang diisukan terjadi sekitar pukul 02.00 dini hari tadi kemungkinan bukan dari suara letusan Gunung Anak Krakatau,” tulis LAPAN di akun Instagram resminya.

Warganet telah mengaitkan suara dentuman tersebut berasal dari fenomena skyquake yakni suara mirip ledakan misterius dilangit yang masih belum diketahui asalnya. Sebelumnya, mereka juga mengaitkan dengan letusan Gunung Anak Krakatau.

Namun Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi(PVMBG), Kasbani, memastikan bahwasannya suara dentuman yang terdengar di derah jakarta sampai Depok bukan lah suara dari erupsi Gunung Anak Krakatau.

Sumber : inews.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *