Perkembangan komputer yang menjadi kebutuhan

Perkembangan komputer yang menjadi kebutuhan

Komputer kebutuhan sehari – hari

Perkembangan komputer yang menjadi kebutuhan – Adanya teknologi sangat membantu kehidupan manusia dalam melaksanakan berbagai pekerjaan mereka. Teknologi membuat manusia tidak merasa kesulitan, sehingga mereka akan dimudahkan dalam pekerjaan mereka masing-masing. Seperti saat ini misalnya sudah hadir komputer yang sudah tercipta sejak beberapa tahun lalu sehingga menciptakan sebuah sejarah komputer yang perlu diketahui.

Pada awalnya, istilah computer merupakan julukan seseorang yang ahli di bidang aritmatika (baik menggunakan alat hitung ataupun tidak). Barulah pada tahun 1897 ditujukan kepada perangkat mesin yang digunakan sebagai alat hitung.

Komputer merupakan perangkat yang saat ini banyak dipakai di kehidupan sehari-hari. Dengan adanya perangkat komputer bisa digunakan sebagai membantu aktifitas dari manusia, sehingga memudahkan semua pekerjaan. Sejarah komputer pun terus berkembang setiap waktu hingga sampai kita rasakan sekarang ini.

Hal ini memang telah terbukti dengan digunakannya komputer, apa lagi di setiap lini kehidupan pada zaman sekarang. Tidak dapat dipungkiri memang, manusia sekarang akan lebih cenderung bergantung terhadap komputer di setiap kegiatannya.

Akan tetapi, proses perkembangan dari komputer tidak serta merta canggih karena ada tahapannya. Komputer sekarang memang telah jauh berbeda dengan komputer terdahulu, mulai dari segi bentuk, kinerjanya hingga komponen yang dipakai. Sebab komputer terdahulu memiliki ukuran yang bisa menghabiskan satu ruangan. Berikut ini akan kita rangkum sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi.

Sejarah Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum

Penemu komputer pertama adalah Charles Babbage, dikenal dunia sebagai salah satu penemu sejarah komputer pertama kali. Yang telah banyak memberkan karya pada kehidupan manusia sampai sekarang ini, dari penemuannya.

Mesin penghitung atau bisa di kenal dengan Difference Engine no.1 yang ditemukan oleh Chareles Babbage. Merupakan salah satu icon, yang paling populer dan terkenal dalam sejarah.

Babbage juga dikenal dengan julukan bapak komputer, The Charles Babbage Foundation, dia memakai namanya untuk menghargai jasa atas penemuanya terhadap dunia komputer.

Generasi Tabung Vakum

Tahun 1946 ialah tahun dibuatnya komputer generasi pertama dengan menggunakan tabung vakum sebagai komponen dasar pembuatannya. Tabung yang sebagai komponen dasar ini memang dikenal tidak efisien di beberapa aspek.

Sebab komponen tersebut cepat sekali panas ketika di pakai. Selain itu, komponen ini memerlukan daya listrik sangat besar dalam pengoperasiannya. Electronic numerical integrator and computer (ENIAC) adalah salah satu contoh komputer generasi yang pertama.

Untuk komputer generasi pertama diciptakan oleh juga J.Presper Eckert dan John mauchly di University of Pennsylvania. Mereka berdua membangun ENIAC dengan menggunakan 18.000 tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki dan mempunyai berat yang mencapai sekitar 30 ton.

Ciri-ciri komputer generasi pertama:

  1. Memiliki hardware ukuran yang jauh lebih besar serta memerlukan ruang yang luas.
  2. Interior design sistem operasi dibuat secara spesifik dan hanya dapat melakukan tugas tertentu.
  3. Program hanya dapat dibuat memakai bahasa mesin.
  4. Menggunakan silinder magnetic untuk menyimpan data..
  5. Membuthkan daya listrik yang sangat besar.
  6. Perlu mesin pendingin karena cepat panas.
  7. Memiliki kapasitas simpan yang kecil.
  8. Kinerjanya lambat.
  9. Memakai konsep stored program dan menggunakan magnetic core storage sebagai memori utama.
  10. Menggunakan tabung hampa sebagai sirkuitnya.

Generasi Transistor

Generasi tabung vakum mengalami perkembangan. Sehingga tergantikan oleh teknologi transitor sebagai komponen utama yang sangat canggih. Mulai digunakan sekitar tahun 1959 hingga 1965. Beberapa kelebihan yang dimiliki adalah ukuran yang lebih kecil, tidak terlalu panas, dan minim tingkat kegagalan.

Generasi ini sudah tidak lagi menggunakan bahasa mesin seperti sebelumnya. Digantikan dengan bahasa FORTRAN dan CBOL. Sehingga bisa dikatakan bahwa komputer transitor adalah lebih baik dibanding tabung vakum. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

  • Proses operasi lebih cepat
  • Mengembangkan magnetic score storage sebagai memori utamanya
  • Orientasi penggunaan program tidak hanya pada orientasi bisnis tetapi juga orientasi teknik
  • Mampu melakukan proses real time dan real sharing
  • Bahasa pemrograman tingkat tinggi

Generasi IC

Generasi ini disebut dengan generasi ketiga. Bentuk transistor diperkecil kemudian dietakkan pada IC bersama beberapa resistor dan kapasitor. Pertama kali dikembangkan oleh Jack Kilby yang merupakan seorang insinyur listrik. Kelebihannya adalah lebih cepat dan efisien. Juga merupakan komputer yang pertama kali menggunakan monitor dan keyboard.

Ciri-cirinya :

  • Kapasitas memori lebih besar
  • Menggunakan terminal visual display yang bisa mengeluarkan suara
  • Media penyimpanan dengan kapasitas yang besar
  • Karena menggunakan IC, sehingga memiliki performa yang lebih cepat
  • Peningkatan software
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Generasi Microprosessor

Pertama kali dibuat oleh IBM pada tahun 1971. Kemudian di tahun 1984 perusahaan Apple merilis Macintosh. Sejarah komputer dan perkembangannya selanjutnya memasuki masa microprosessor. Yang mana, masih digunakan oleh beberapa masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Generasi Artificial intelligence

Pada generasi kelima ini sebenarnya masih tahap pembangunan. Dimana generasi ini akan mempunyai teknologi yang dibuat dengan berdasarkan kecerdasan buatan (Artificial intelligence).

Pengembangan komputer generasi kelima ini bertujuan untuk dapat menghasilkan perangkat komputer yang dapat merespon, menggunakan bahasa yang digunakan manusia. Tidak cukup sampai disitu komputer generasi ini diharapkan dapat mempelajari lingkungan di sekitarnya serta dapat menyesuaikan dirinya sendiri.

Ciri-ciri komputer generasi kelima:

  1. Komputer masih menggunakan teknologi LSI namun akan mempunyai banyak pengembangan.
  2. Memiliki fitur yang terus berkembang setiap tahunnya.
  3. Semakin cepat dalam pemrosesan informasi.
  4. Komputer memiliki kemampuan untuk mendengar, berbicara, melihat, berbicara dan pastinya lebih canggih lagi. Bahkan dapat memberikan kesimpulan layaknya manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *