Perangkat Teknologi kekinian Untuk Mengatasi COVID-19

Perangkat Teknologi kekinian Untuk Mengatasi COVID-19

Teknologi kekinian Untuk Mengatasi Penyebaran COVID-19

Teknologi – Pemerintah dan pakar teknologi dunia terus saja menjalin kerja sama dalam upaya menanggulangi pandemi corona. Salah satu upayanya adalah menggunakan produk teknologi baru atau memodifikasi produk lama dengan teknologi terbaru dan ndimanfaatkan untuk melawan corona.

Sejumlah produk teknologi itu diklaim ampuh berkintribusi mengurangi infeksi corona. Sebagia n produk tgersebut bekembang baru-baru ini, terutama maraknya penggunaan ponsel pintar. Meskipun belakangan muncul kekhawatiran adanya pelanggaran privasi, produk itu tetap digunakan dengan jaminan tetap menjaga kerahasiaan data.

Baca juga : Tembus dengan 22 Juta Subcriber, Rayakan Bersama Driver Ojek Online

Apa saja produk teknologi kekinian yang dipakai untuk perang melawan COVID-19 itu? Berikut ini ulasannya.

1. Kecerdasan Buatan
Perusahaan rintisan asal Kanada, BlueDot, mengembangkan teknologi kecerdasan buatan atau AI yang mampu melacak risiko penyebaran penyakit menular. Teknologi ini mampu melacak virus dan memprediksi penyebarannya dengan cara menganalisis login live22 informasi yang diperoleh dari berita, percakapan di media sosial, dan dokumen pemerintah. Kecerdasan buatan ini diklaim selangkah lebih maju dalam menyampaikan peringatan dibandingkan dengan pengumuman WHO.

2. Robot
Sebagai negara dengan tingkat infeksi tertinggi dieropa, nyawa tenaga medis di Italia cukup terancam. Selain faktor kelelahan karena harus menangani ribuah pasien, mereka juga dihadapkan dengan terbatasnya perlindungan diri.

Robot bernama Tommy di sebuah rumah sakit wilayah Lombardy, secara leluasa, bisa keluar masuk ruang pasien positif COVID-19 tanpa perlu mengenakan masker dan alat pelindung diri. Robot ini juga bisa memfasilitasi komunikasi dokter dengan pasien. Adapun di Denmark, sebuah robot otomatis mampu melakukan disinfeksi ruang perawatan rumah sakit dengan  sinar ultraviolet.

Aplikasi Ponsel

Singapura diakui sebagai negara yang berhasil menekan penyebaran virus corona. Rupanya capaian itu tidak bisa dipisahkan dengan aplikasi ponsel bernama TraceTogether. Aplikasi ini mampu melacak penyebaran virus corona berdasarkan riwayat perjalanan mereka yang terpapar COVID-19. Hebatnya, lewat aplikasi ini, penggunanya bisa memperoleh peringatan perihal wilayah dan orang-orang yang berisiko tinggi terinfeksi virus.

Warga di Korea Selatan juga wajib mengunduh sebuah aplikasi di ponsel mereka. Aplikasi itu mampu melacak jejak dan merekam riwayat interaksi sosial penggunanya. Mobile App ini juga bisa menampilkan peta sebaran virus corona di sekitar tempat tinggal penggunanya.

Asal tidak ada penyalahgunaan data pribadi, pemanfaatan teknologi begitu berguna di tengah pandemi virus corona. Betul kan, teman-teman?

Sumber : idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *