Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Perangkat Lunak

Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Perangkat Lunak

Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Perangkat Lunak

67766 perangkat2blunak - Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Perangkat Lunak

Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Perangkat Lunak – Perangkat Lunak (Software) adalah Perangkat Lunak dapat diartikan sebagai program / aplikasi di komputer atau handphone. Namun seandainya sobat ingin mengetahui penjelasan perangkat lunak secara mendetail, maka sobat wajib membaca artikel ini. Kita akan jelaskan Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Perangkat Lunak yang akan kami jelaskan selengkap mungkin.

Berikut kita jelaskan Download IDN Poker lebih detail ulasannya

Pengertian Perangkat Lunak 

Perangkat lunak juga dapat dikatakan sebagai bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini digunakan untuk menonjolkan perbedaannya dengan Hardware (perangkat keras) komputer. Karena disebut sebagai perangkat lunak (software), maka sifatnya juga berbeda dengan perangkat keras (hardware), jika hardware merupakan perangkat yang nyata yang dapat dilihat dengan jelas oleh mata dan dipegang secara langsung, maka software tidak dapat dipegang dan dilihat fisik bentuknya. Software memang tidak nampak secara fisik / berwujud benda, namun software dapat dioperasikan dan dijalankan.

Perangkat lunak sendiri dibuat menggunakan “bahasa pemrograman” yang dibuat oleh programmer untuk selanjutnya di kompilasi dengan aplikasi kompilator sehingga menjadi kode yang dapat dikenali / dibaca oleh mesin hardware.

Fungsi Perangkat Lunak

Fungsi perangkat lunak (software) adalah memproses data atau instruksi / perintah hingga mendapat hasil atau menjalankan sebuah perintah tertentu. Perangkat Lunak juga berfungsi sebagai sarana interaksi yang menjembatani atau menghubungkan pengguna komputer (user) dengan perangkat keras (hardware).

Berikut ini kita akan menjelaskan jenis jenis perangkat lunak lengkap dengan contoh, fungsi dan penjelasannya:

1. Perangkat lunak aplikasi (software application)
Perangkat lunak aplikasi (software application) merupakan suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melaksanakan sebuah tugas yang di instruksikan pengguna. Contoh umum perangkat lunak aplikasi ialah pengolah kata seperti Microsoft Office dan OpenOffice.org serta pemutar media seperti Windows Media Player, Winamp dan GOM Player.
2. Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool)
Pengertian Software development tool adalah salah satu jenis perangkat lunak (software) yang digunakan untuk membuat, mendebug, maintain (merawat / memelihara) dan mengembangkan perangkat lunak lainnya. seperti Kompiler untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
3. Sistem operasi (operating system)
Sistem Operasi (Operating System) adalah perangkat lunak komputer (software) yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak lain seperti program-program pengolah kata yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak bisa menjalankan / menggunkan perangkat lunak lain pada komputer mereka (kecuali program booting). Contoh sistem operasi modern adalah Windows, Linux, iOS, Android dan Mac OS X.
4. Pengendali perangkat keras (device driver)
Device driver dapat dikatakan sebagai penghubung antara perangkat perangkat keras dan komputer, misalnya menghubugkan penggunakan barcode scanner pada aplikasi database nya, contoh aplikasi yang dipake di swalayan.
5. Perangkat lunak menetap (firmware)
Perangkat lunak menetap (firmware) adalah istilah yang mengacu kepada perangkat lunak yang disimpan di dalam Memori Hanya Baca. Tidak seperti Memori Akses Acak, Memori Hanya Baca tidak akan dapat berubah meski tidak dialiri listrik. ROM BIOS merupakan contoh perangkat lunak menetap yang berada pada motherboard sebuah komputer. contoh firmware juga seperti yang dipasang dalam jam tangan digital
6. Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software / free software)
Perangkat lunak bebas (free software) mengacu pada software yang bebas untuk dipakai, dipelajari dan dimodifikasi serta bisa disalin dengan / tanpa modifikasi, atau dengan beberapa ketentuan untuk memastikan bahwa kebebasan serupa juga bisa dinikmati oleh pengguna selanjutnya. Bebas di sini juga berarti dalam memakai, menyalin mempelajari, mengubah, atau menjual sebuah perangkat lunak, kita tidak perlu mendapatkan izin dari siapa pun.
7. Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
Perangkat lunak sumber terbuka adalah jenis perangkat lunak yang kode sumber-nya terbuka untuk dipelajari, dimodifikasi, ditingkatkan dan disebarluaskan. Karena sifat ini, biasanya dikembangkan oleh sebuah komunitas yang bertujuan mengembangkan perangkat lunak bersangkutan. Produk perangkat lunak yang dihasilkan ini biasanya bersifat bebas dengan tetap menganut kaidah dan etika tertentu.
8. Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware)
Perangkat lunak uji coba mengacu kepada perangkat lunak berpemilik yang disediakan untuk pengguna tanpa membayar secara uji coba dan sering di batasi oleh koombinasi dari fungsi, ketersedian, atau kenyamanan. Perangkat lunak uji coba sering ditawarkan untuk memeberikan calon pembeli kesempatan untuk mencoba menggunakan program sebelum membeli lisensi untuk versi lengkap dari perangkat lunak tersebut.
9. Perangkat lunak gratis (freeware)
Freeware merupakan perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan untuk selamanya, berbeda dari shareware (perangkat lunak uji coba) yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu 1 bulan atau untuk memperoleh fitur tambahan).
10. Perangkat lunak perusak (malware)
Perangkat lunak perusak / perangkat berbahaya (malware) adalah perangkat lunak yang dibuat untuk merusak atau menyusup ke sistem komputer atau jejaring komputer tanpa izin dari pemilik sah. Istilah ini merupakan istilah umum yang biasa dipakai untuk mengartikan berbagai jenis perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengusik atau mengganggu.
Perangkat lunak dianggap sebagai perangkat lunak berbahaya / perusak berdasarkan tujuan dari perangkat lunak itu diciptakan / efek yang timbul dari sebuah perangkat lunak, bukan berdasarkan ciri-ciri tertentu. perangkat lunak perusak mencakup virus komputer, rootkit, kuda Troya (Trojan horse), perangkat iklan (adware) yang tak jujur, perangkat pengintai (spyware) dan perangkat lunak lainnya yang mempunyai niat jahat. Contoh perangkat lunak perusak yang dapat mencuri data antaralain adalah Bancos : perangkat ini bekerja dengan cara menunggu pengguna untuk membuka sebuah situs perbankan kemudian perangkat lunak ini mengalihkan halaman situs bank yang asli ke yang palsu untuk mencuri informasi rahasia yang dimasukkan.