Manfaat Menggunakan Mode Gelap di Media Sosial

Manfaat Menggunakan Mode Gelap di Media Sosial

Manfaat Menggunakan Mode Gelap di Media Sosial

Manfaat Menggunakan Mode Gelap di Media Sosial – Tren dark mode alias mode gelap kini mulai diikuti oleh berbagai aplikasi,  sehingga pada sistem operasi ponsel dan komputer sekalipun. Biasanya, mode gelap memberikan tampilan latar belakang berwarna hitam atau abu-abu dengan teks berwarna putih. Namun sebenarnya apa kelebihan dari mode gelap bagi pengguna?

apa saja sih manfaat menggunakan mode gelap ini? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Menciptakan kontras yang lebih baik 

Salah satu fungsi menggunakan mode gelap ialah menjadikan kontras layar smartphone menjadi lebih baik. Hal ini karena cahaya yang dikeluarkan akan diminimalisir, sehingga tidak terlalu terang saat berada di tempat gelap.

2. Mengurangi kelelahan mata

Menerapkan mode gelap ternyata mampu membantu mengurangi kelalahan mata yang terjadi akibat terus menerus menatap layar. Cahaya yang tidak terlalu banyak ini membuat mata tidak harus bekerja lebih keras untuk mengedipkan kelopak, agar kondisi mata selalu basah.

3. Mengurangi cahaya biru pada smartphone 

Cahaya biru yang keluar melalui smartphone adalah salah satu penyebab terjadinya penyakit-penyakit berbahaya pada tubuh. Salah satu penyakit tersebut ialah kanker. Namun, dengan menggunakan mode gelap ini, akan mengurangi cahaya biru yang keluar, sehingga tubuh akan terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

4. Memperjelas tulisan

Ketika mode gelap diterapkan, cahaya yang berkurang akan membuat mata lebih fokus kepada hal-hal yang ada di layar smartphone anda. Oleh karena itu, pengguna akan merasa mampu membaca tulisan lebih jelas.

5. Menghemat baterai 

Mode terang pada smartphone yang biasa digunakan sehari-hari setidaknya dapat menghabiskan baterai enam kali lebih cepat daripada pengunaan mode gelap. Hal ini disebabkan karena lebih banyaknya kontras cahaya yang dihasilkan, sehingga smartphone mudah panas dan baterai cepat habis.

6. Membuat penggunanya mudah tidur 

Berkurangnya cahaya biru ternyata juga berakibat baik pada sistem kerja otak. Sebab, dalam kondisi tersebut, tubuh akan lebih mudah memproduksi melatonin atau hormon yang memberi perintah pada badan untuk tidur. Hasilnya, tubuh akan lebih mudah tertidur dan beristirahat.