Kosakata Bidang Komputer Berawalan Huruf T

Kosakata Bidang Komputer Berawalan Huruf T

Kosakata dalam Bidang Komputer yang Berawalan Huruf T, Tahu Tetikus?

Kosakata Bidang Komputer Berawalan Huruf T – Istilah-istilah asing di bidang komputer sering dianggap sebagai perusak bahasa Indonesia yang baku. Melihat praktik berbahasa sehari-hari, kekhawatiran ini memang bisa dipahami.

Namun, karena kita tidak mungkin menolak konsekuensi kemajuan teknologi, maka mari kita ambil sisi baiknya saja. Karena istilah-istilah teknologi ini justru memperkaya kosakata bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia menyimpan banyak kosakata yang unik dan bahkan jarang diketahui oleh banyak orang. Misalnya, beberapa kosakata dalam bidang komputer yang memiliki awalan huruf T. Daripada penasaran, yuk intip ulasannya di bawah ini!

  • Tetikus

Menurut KBBI, arti dari kata tetikus adalah peranti periferal pada komputer yang menyerupai tikus dan berguna untuk mengendalikan kursor. Secara sederhana, kata ini digunakan untuk menyebut mouse yang digunakan untuk mengendalikan kursor.

  • Terbiar

Kata ini bisa berarti dibiarkan atau bisa pula merujuk pada bidang komputer. Dalam kosakata yang berkaitan dengan komputer, terbiar bermakna keadaan beristirahat pada suatu perangkat komunikasi dalam sistem jaringan komputer. Unik sekali, ya?

  • Tembolok

Tembolok biasanya digunakan untuk mengatakan kantong tempat makan yang berada di bagian leher pada burung, ayam, dan sebagainya. Namun, berdasarkan KBBI, kata ini juga memiliki arti lain.

Tembolok diartikan sebagai memori komputer berkecepatan tinggi yang digunakan untuk penyimpanan sementara data yang sering digunakan.

  • Teletip

Berdasarkan KBBI, teletip merupakan kata dalam Bahasa Indonesia yang merujuk pada mesin yang mengetik berita secara otomatis untuk mengirimkan dan menerima berita dari jarak jauh. Pada zaman sekarang, kata ini sepertinya sudah sangat jarang digunakan karena teknologi yang ada pun semakin berkembang.

  • Telop

Ketika sedang asyik menonton TV, sering kali muncul tulisan berupa imbauan atau pengumuman dan sebagainya, bukan? Nah, telop ini merupakan alat untuk membuat dan menghasilkan judul tulisan dan gambar pada layar televisi tersebut, lho!

Kosakata di atas sangat unik dan jarang diketahui, bukan? Meski demikian, sebagai warga negara Indonesia, kita harus memahami dengan baik Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama yang dimiliki oleh negara kita. Jadi, jangan lupa dicatat, ya!