Komputer Bisa Mengidentifikasi Gendermu

Komputer Bisa Mengidentifikasi Gendermu

Komputer Bisa Mengidentifikasi Gendermu

Komputer Bisa Mengidentifikasi Gendermu, – Teknologi memang makin canggihnya bukan main. Kemajuannya yang memungkinkan alat untuk mendeteksi karakteristik penggunanya sekarang bahkan telah bisa diaplikasikan melalui keyboard. Ya, cara mengetikmu bisa menggambarkan siapa kamu, terutama dari jenis kelaminnya lho. Kok bisa? Dilansir dari iflscience, baca selengkapnya di sini ya!

1. Berbagai model komputer terkini bisa menebak jenis kelaminmu berdasarkan kebiasaan mengetikmu, dengan tingkat akurasi 95%

Penemuan ini didapatkan berdasarkan penelitian investigasi digital yang terbaru. Gak hanya kamera yang bisa mendeteksi jenis kelaminmu atau bahkan memprediksi usiamu.

Teknik pada keyboard ini disebut dengan “keystroke dynamics” atau dinamika penekanan tombol. Caranya adalah dengan mengukur biometrika perilaku, yang sederhananya adalah apa yang kamu lakukan pada keyboard tersebut.

2. Menariknya, teknik ini sudah digunakan jauh sejak zaman Perang Dunia II lho!

Awalnya ini digunakan oleh para operator telegraf untuk mengidentifikasi apakah pengirim pesan adalah kawan atau lawan, berdasarkan perilaku pengetikan mereka saat menekan tombol kode morse. Diperkenalkan pertama pada tahun 1970, bidang biometrik perilaku forensik akhirnya berkembang sampai penggunaan keyboard.

Penggunaan keyboar terkini yang dihubungkan dengan berbagai program pendeteksi pengguna sudah benar-benar bisa membaca karakteristiknya. Bukan hanya keyboard, bahkan penggunaan mouse pun sudah bisa diukur.

Para ahli menyatakan bahwa faktor-faktor pengukuran akan lebih ditambah lagi seiring teknologi yang makin canggih. Harapannya agar berbagai teknologi pendeteksi pengguna ini makin akurat dalam membaca, sebisa mungkin mendekati 100%. Menurutmu sendiri, kira-kira akan berguna untuk apa saja jika teknologi ini diterapkan pada keyboard?

3. Cara kerjanya hampir sama dengan fitur pembacaan wajah pada kamera, tapi dengan aspek pengukuran yang berbeda

Pada kamera atau mayoritas media sosial saat ini, mereka akan menggunakan “template” khusus pada foto yang memiliki tagmu. Sedangkan program pengetikan ini akan membaca gerakan jari pada keyboardmu.

Setiap kali seseorang mengetik, puluhan ribu fitur akan menyimpan dan membagikan informasi tentang orang seperti apa kamu. Yang diukur misalnya flight time, yaitu rentang waktu antar tombol yang kamu tekan, atau bisa juga dwell time, yaitu lamanya kamu menekan tombol tertentu.

Program komputer seperti TypingDNA dan ID Control bahkan membaca faktor seperti berapa banyak kesalahan mengetik yang kamu lakukan, berapa sering kamu menekan tombol ALT/CTRL/SHIFT atau berapa banyak kata yang kamu hapus. Program bernama “ISqueezeU” digunakan para ahli untuk meneliti ini.