Kesenian Jepang Penuh Kisah Sejarah

Kesenian Jepang Penuh Kisah Sejarah

Kesenian dari Jepang, Penuh Filosofi dan Kisah Sejarah

Kesenian Jepang Penuh Kisah Sejarah – Di dunia ini banyak sekali pulau-pulau yang terpisahkan berdasarkan Benua, bahkan Negara, setiap Negara itu sendiri mempunyai perbedaan, seperi struktur negara, pemerintahan, bahkan kesenian dan kebudayaannya, di artikel ini khususnya saya ingin membahasa tentang kesenian dan kebudayaan dari Negara Jepang.

Jepang adalah negara yang banyak menyimpan keindahan. Hal-hal cantik datang dari berbagai sudut area, mulai dari pemandangan hingga desain bangunan. Itu memunculkan banyak jenis kesenian di sana demi mengabadikan keindahan-keindahan tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis kesenian yang terkenal di Jepang sana.

Kabuki

Ini adalah salah salah satu seni teater di negeri Sakura tersebut. Di Kabuki, sang aktor bergerak sepelan mungkin memperagakan tiap cerita yang ada.

Bonseki

Seni menggambar menggunakan medium pasir. Tujuan pertamanya adalah sebagai simulasi sebelum membuat taman sebenarnya dan tidak permanen, alias bisa diulang. Tujuannya adalah untuk menciptakan perasaan damai.

Kimono

Kita mengenalnya sebagai pakaian tradisional Jepang, tapi kenyataannya Kimono sendiri memiliki sisi seni di baliknya. Untuk mengenakan pakaian tersebut tidaklah mudah. Ada proses panjang di baliknya. Belum lagi pembuatan kimono-nya sendiri yang menggunakan material berkualitas tinggi. Maka dari itu kimono sering diberikan dan diturunkan secara keluarga.

Ikebana

Ini adalah seni menata bunga yang mana bertujuan untuk menampilkan kecantikan bunga lebih-lebih. Ikebana sering dijadikan persembahan di kuil-kuil. Kamu bisa mempelajarinya kok mengingat Ikebana sudah mendunia dan diajarkan di mana-mana.

Suminagashi

Suminagashi punya arti tinta yang mengambang. Kesenian ini sudah ada sejak abad ke-12 dan menunjukkan bagaimana keindahan bisa tercipta secara alami dari alam.

Jepang yang Memiliki Berbagai Kebudayaan dan Kesenian yang dikenal Banyak Orang

Kintsugi

Kesenian Jepang ini mencoba menghasilkan keindahan dengan cara menyamarkan kerusakan dari suatu barang. Secara filosofi, Kintsugi mencoba memberikan makna ada keindahan dari yang rusak.

Origami

Kamu pasti mengenalnya sebagai seni melipat kertas. Seni ini menjadi terkenal karena cerita 1.000 lipatan bangau yang akan mengabulkan permintaan apa pun jika berhasil menyelesaikannya.

Irezumi

Bagian dari tato. Irezumi memberikan teknik berbeda mengingat arti kata Irezumi sendiri adalah memasukkan tinta. Ketimbang menggunakan jarum seperti menato pada umumnya, Irezumi masih menggunakan peralatan tradisional yang mana katanya sangat menyakitkan.

Netsuke

Netsuke adalah seni pahatan miniatur. Netsuke sendiri biasanya digunakan untuk menggantung dompet di kimono mengingat kimono tidak memiliki saku. Pembuatannya sangat lama. Barang kecil ini bisa menghabiskan waktu hingga dua bulan untuk menyelesaikannya.

Gyotaku

Ini adalah seni mencetak ikan di atas kertas. Di zaman dahulu tidak ada foto untuk mengabadikan tangkapan mereka dan untuk itu para nelayan pun mewarnai ikan itu dan menempelkannya ke kertas. Dengan teknik tersebut, nelayan juga bisa langsung melepas ikan tersebut kembali ke laut.

Seharusnya kamu bisa mencoba semua kesenian ini jika ada pameran budaya Jepang atau bermain ke tempat kebudayaannya. Apakah kamu pernah mencoba salah satu dari kesenian ini? Apa yang paling ingin kamu coba?