Jepang Kembangkan Super Komputer Tercepat di Dunia

Jepang Kembangkan Super Komputer Tercepat di Dunia

Jepang Kembangkan Super Komputer Tercepat di Dunia

Jepang Kembangkan Super Komputer Tercepat di Dunia – Jepang mengumumkan rencananya untuk membangun super komputer tercepat di dunia. Tujuannya untuk membantu beberapa industri di Jepang untuk melakukan riset yang penting bagi mereka sehingga mereka dapat tumbuh dan melakukan ekspansi.

Menurut Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang, super komputer ini akan bernilai sekitar USD173 juta (Rp2,34 triliun). Nara sumber mengklaim, ia akan dapat melakukan 130 kuadrilion kalkulasi setiap satu detik. Paling cepat, proyek ini akan dimulai pada tahun 2017.

Dilansir https://athleticfieldmarker.com jika para peneliti Jepang berhasil mencapai tujuannya yaitu 130 petaflop, maka Jepang akan berhasil mengalahkan Sunway Taihulight milik Tiongkok dan akan menjadi negara dengan super komputer paling cepat di dunia.

Setelah selesai, super komputer ini akan berfungsi sebagai platform penelitian berbagai industri, termasuk medis, robotik dan mobil otonom. Super komputer ini akan dapat membantu Jepang untuk kembali menguasai pasar. Perusahaan yang ingin menggunakan super komputer ini akan harus membayar.

SlashGear melaporkan, super komputer ini akan dibangun di National Institute of Advanced Industrial Science and Technology di Jepang.

Kecepatan komputer tingkat tinggi

Dengan bantuan super komputer ini, Jepang dapat mengembangkan berbagai teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), produk energi bersih atau baterai yang lebih baik dan berbagai teknologi lainnya. Industri mobil tanpa sopir juga dapat berkembang karena ia akan dapat menganalisa trafik dengan lebih cepat melalui kamera.

Super komputer ini akan dinamai AI Bridging Cloud Infastructure (ABCI), menurut Reuters. Saat ini, proses pelelangan proyek ini telah dimulai. Sebagian pihak memperkirakan, Fujitsu akan ikut serta dalam lelang proyek ini, mengingat Fujitsu adalah pembuat super komputer tercepat Jepang saat ini. Namun, saat ini, hal itu tidak lebih dari perkiraan.

“Untuk pertama kalinya sebuah superkomputer Jepang menjadi pemuncak TOP500 ranking supercomputer sekaligus peringkat HPCG, HPL-AI dan Graph500“, kata direktur RIKEN, Satoshi Matsuoka.