Gusur AS, Jepang Kembangkan Komputer Tercepat di Dunia

Gusur AS, Jepang Kembangkan Komputer Tercepat di Dunia

Gusur AS, Jepang Kembangkan Komputer Tercepat di Dunia

Gusur AS, Jepang Kembangkan Komputer Tercepat di Dunia – Superkomputer Fugaku dari Jepang, yang dibangun dengan dukungan pemerintah dan digunakan dalam perang melawan virus corona baru, menjadi komputer tercepat di dunia.

Fukagu merebut posisi teratas di Top500, sebuah situs yang melacak evolusi kekuatan pemrosesan komputer selama lebih dari dua dekade, menurut Riken, pengembang superkomputer tersebut.

Daftar ini dirilis dua kali setahun dan memberikan tingkat superkomputer berdasarkan kecepatan dalam tes benchmark yang ditetapkan oleh para ahli dari Jerman dan Amerika Serikat (AS).

Fugaku yang dikembangkan bersama oleh Riken dan Fujitsu memiliki kecepatan 415,53 petaflops atau 2,8 kali lebih cepat dari kecepatan 148,6 petaflops milik superkomputer Summit asal AS di peringkat dua.

Melansir Channelnewsasia.com, Riken pada Senin, mengatakan, superkomputer lebih dari 1.000 kali lebih cepat dari komputer biasa. Summit sendiri telah memuncaki Top500 dalam dua tahun terakhir.

Fugaku, yang berarti Gunung Fuji dalam bahasa Jepang, telah dikembangkan selama enam tahun dan mulai beroperasi penuh mulai April 2021.

Kehebatan spesifikasi dari komputer tersebut masih belum dijelaskan secara detail. Namun, sebagai gambarannya, komputer tersebut akan memiliki kemampuan 100 kali lebih mumpuni dibandingkan dengan komputer biasa.

Dilansir PCWorld, (20/11), Komputer “K” adalah komputer ketiga tercepat di dunia saat ini. Produk ini bahkan masuk sebagai Top 500 List of Super Computer. Komputer ini dibekali dengan prosesor Fujitsu SPARC64 VIIIfx dengan inti prosesor sebanyak 705.204 buah ditambah dengan kecepatan 10,5 petaFLOPS.

AS juga tengah mendongkrak sistem canggih  komputer bertajuk aurora

Selain Jepang, Departemen Energi Amerika Serikat juga tengah menggodok komputer bertajuk “Aurora” yang rencananya juga akan selesai dalam waktu dekat  ini. Komputer tersebut dikabarkan mempunyai berkecepatan 180 petaFLOPS.

Super komputer yang memainkan peran utama dalam tugas-tugas seperti desain senjata dan pemecahan kode, telah lama dianggap sebagai proxy untuk daya saing nasional dalam sains dan teknologi.

AS memimpin bidang ini selama beberapa dekade, tetapi China telah menjadi saingan yang agresif dalam beberapa tahun terakhir.

Sistem IBM yang disebut Summit, dibangun untuk Oak Ridge National Laboratory di negara bagian Tennessee, mengambil kembali posisi pertama pada 2018 dalam daftar 500 sistem paling kuat di dunia, yang dirilis setiap dua tahun sekali.

Posisi tersebut sebelumnya dipegang oleh China selama lima kali berturut-turut, dan daftar peringkat terbaru pun masih menempatkan Negeri Tirai Bambu sebagai penyumbang sistem terbanyak, yakni 227 unit, dibandingkan 109 yang dimiliki oleh AS.