Globalisasi bumi hingga berbagai fenomena terjadi

Globalisasi bumi hingga berbagai fenomena terjadi

Fenomena yang terjadi ketika globalisasi

Globalisasi bumi hingga berbagai fenomena terjadi – Globalisasi memberikan dampak yang sangat signifikan bagi kehidupan manusia. Melalui proses globalisasi, seluruh tatanan kehidupan dan peradaban di dunia seiring waktu menjadi semakin dinamis.

Arti globalisasi merujuk dari kata globe yang berarti dunia. Selo Soemardjan selaku tokoh sosiologi Indonesia menjelaskan tentang arti globalisasi yang dikaitkan dengan proses terbentuknya sistem organisasi serta komunikasi seluruh masyarakat yang ada di dunia dengan tujuan untuk mengikuti sistem dan aturan atau kaidah tertentu yang pada dasarnya memiliki kesamaan.

Pada umumnya, arti globalisasi juga erat kaitannya dengan proses sesuatu hal yang mendunia. Hal tersebut dapat berupa informasi, gaya hidup, pemikiran, budaya, hingga teknologi.

Sebab melalui proses globalisasi, berbagai aspek kehidupan menjadi semakin mudah dan tidak terbatas.

Dalam proses globalisasi, tentu saja terdapat banyak hal yang menjadi faktor pendorongnya. Beberapa di antaranya dapat disebabkan oleh infrastruktur telekomunikasi, kemajuan transportasi, kemajuan teknologi, pertukaran kebudayaan, dan lain sebagainya.

Aspek Globalisasi

Selain arti globalisasi, aspek globalisasi juga perlu dipahami. Beberapa aspek yang terdapat dalam proses globalisasi yaitu:

Aspek Teknologi
Proses globalisasi jelas membutuhkan inovasi dan kemajuan teknologi yang mumpuni untuk mempersatukan dunia tanpa batas melalui kemudahan akses komunikasi antara satu sama lain.

Aspek Ekonomi
Ekonomi juga merupakan salah satu aspek yang berpengaruh terhadap proses globalisasi. Disadari ataupun tidak, kondisi ekonomi suatu negara kini dapat mempengaruhi kondisi negara lain.

Aspek Kebudayaan
Dengan munculnya globalisasi, aspek kebudayaan juga menjadi salah satu hal yang saling mempengaruhi dalam proses globalisasi.

Aspek Demografi
Aspek yang satu ini ditunjukkan dengan adanya fenomena semakin tingginya tingkat mobilisasi penduduk dunia yang kian mudah.

Fenomena Terkait Globalisasi

  1. Arus etnis yang ditandai dengan munculnya fenomena masyarakat dunia yang sering berpindah-pindah. Hal ini tentu mempengaruhi kebudayaan hingga aspek etnis serta genetik.
  2. Arus keuangan yang ditandai dengan semakin mudahnya perpindahan modal dan saham melalui transaksi online.
  3. Arus media yang ditandai dengan mudahnya akses informasi yang didapatkan dari seluruh penjuru dunia.
  4. Arus ide yang ditandai dengan masuknya berbagai prinsip atau nilai baru yang dapat menguntungkan ataupun merugikan ke sebuah wilayah tertentu.
  5. Arus teknologi yang ditandai dengan tingginya inovasi yang berkaitan dengan telekomunikasi, transportasi, hingga munculnya fenomena perpindahan teknologi pada perusahaan multinasional.

Dampak Globalisasi

Selain arti globalisasi, hal yang perlu diketahui selanjutnya yakni dampaknya. Proses globalisasi ini memiliki dampak yang signifikan terhadap negara, pemerintah, hingga masyarakatnya. Beberapa di antaranya yakni adanya perdagangan internasional, perjanjian internasional, kebijakan politik luar negeri, kebijakan pariwisata internasional, agenda kompetisi olahraga nasional, dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Globalisasi

  • Pasar dan kondisi ekonomi negara yang saling mempengaruhi
  • Pesatnya perkembangan teknologi dalam segala aspek
  • Meningkatnya masalah global
  • Terdapat aktivitas dan pertukaran budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *