Fenomena Laut Paling Unik dan Jarang Terjadi

Fenomena Laut Paling Unik dan Jarang Terjadi

Fenomena di Laut

Fenomena – Laut merupakan salah satu tempat paling indah di dunia. Hamparan air yang luas, hewan dan tanaman laut yang unik membuat tempat ini memiliki banyak penggemarnya. Menghabisakan waktu berlibur ke pantai merupakan hal yang tidak pernah terlewatkan.
Tapi selain indah, Ternyata laut jugab bisa menghasilkan fenomena langka dan unik dan sangat jarang bias terjadi, langsung saja kita ulas:

Baca juga : 7 Fenomena Alam Aneh Tanda Kiamat. Ada Yang Sudah Terjadi

Air Laut Merah

Fenomena air laut yang berubah menjadi merah pernah beberapa kali terjadi di seluruh dunia seperti di Maluku, Laut China, Nusa Tenggara Timur, Turki, dan masih banyak lagi.  Ini sebenarnya terjadi karena dipicu oleh ledakan jumlah rhodophyta, yaitu jenis alga yang berwarna merah. Jenis alga ini mengandung banyak sekali pigmen fikoeritrin yang memberi warna merah pada alga. Alhasil, ledakan live22 deposit ovo jumlah alga ini membuat air laut tampak berwarna merah.

Bioluminesensi

Fenomena laut yang bercahaya pernah terjadi di Maladewa, Mosquito Bay, dan San Diego. Peristiwa ini disebabkan karena adanya emisi cahaya akibat reaksi kimia antara plankton dan gas oksigen atau biasa disebut dengan bioluminesensi. Peristiwa ini kemudian menyebabkan air laut tampak mengeluarkan cahaya.

Bunga Es

Bunga es di atas lautan disebabkan karena suhu udara di sekitar laut sangat dingin ditambah intensitas angin yang sangat sedikit. Selain itu, suhu udara di sekitar juga lebih rendah daripada permukaan air laut.

Busa Laut

Busa laut terjadi setelah peristiwa ledakan jumlah alga atau algae blooms. Setelah bermerkaran, sebagian besar alga ini akan membusuk dan terjadilah fenomena busa laut. Ini tidak berbahaya, bahkan hal ini menandakan air laut dalam kondisi produktif. Akan tetapi, pada beberapa kasus, busa laut terjadi sebagai akibat dari gangguan yang disebabkan oleh aktivitas manusia seperti membuang limbah beracun ke dalam air laut.

Kilat Hijau

Fenomena ini dapat terjadi saat matahari terbit dan terbenam. Kilatan cahaya tersebut terbentuk secara alami dari nakibat efek prismatik di atmosfer. Disaat terbit maupun terbenam, cahaya matahari terpisah menjadi beberapa warna yang terlihat memancarkan kilatan hijau.

Kira-kira adakah fenomena yang pernah kamu saksikan secara langsung?

Sumber : idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *