Fenomena Blue Fire di Kawah Ijen, Bagaimana Bisa Terjadi?

Fenomena Blue Fire di Kawah Ijen 640x400 - Fenomena Blue Fire di Kawah Ijen, Bagaimana Bisa Terjadi?

Fenomena Blue Fire di Kawah Ijen, Bagaimana Bisa Terjadi?

Fenomena Blue Fire di Kawah Ijen, Bagaimana Bisa Terjadi?,- Kawah Gunung Ijen erupakan bagian dari Taman Nasional Baluran yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia, dengan ketinggian 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Letusan terakhir Gunung Ijen trejadi pada tahun 1999.

Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah belerang berwarna Biru dan Api Biru yang unik dan hanya dapat dilihat di Kawah Ijen – Banyuwangi, yang populer dengan sebutan Blue Fire / Blue Flame yang terletak di puncaknya.

c78ebcdd 80e2 4e67 a216 eef8461acdc3 43 300x224 - Fenomena Blue Fire di Kawah Ijen, Bagaimana Bisa Terjadi?

Obyek Wisata Gunung Ijen merupakan wisata Banyuwangi yang terkenal memiliki keindahan matahari terbitnya, sebagimana keindahan Sunrise Tour yang dimiliki wisata Gunung Bromo, Akan tetapi, indahnya fenomena Blue Fire Ijen berhasil mengalahkan popularitas matahari terbit di Banyuwangi yang disebut sebagai matahari pertama di Jawa.

Di sepertiga malam terakhir saat mayoritas orang sedang terlelap dalam tidurnya, aktivitas di Gunung Ijen justru memuncak. Gunung setinggi 2.443 mdpl yang terletak di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi itu ramai didaki oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara karena terkenal akan fenomena alamnya.

007360300 1436157024 kawah ijen 300x169 - Fenomena Blue Fire di Kawah Ijen, Bagaimana Bisa Terjadi?

Blue fire. Itulah target perburuan utama para pendaki sampai-sampai mereka rela mendaki selama 2-3 jam dengan medan tanah berpasir dan sesekali bebatuan, dengan gradien kemiringan 40 derajat. Belum lagi ditemani dinginnya udara tengah malam pegunungan yang menusuk hingga ke tulang.

Letupan api berwana biru yang muncul dari Kawah Ijen inilah yang ditunggu-tunggu. Waktu terbaik untuk melihatnya memang dinihari antara pukul 02.00 hingga 04.00 Daftar IDNPoker Deposit Pulsa.

Fenomena blue fire menjadi spesial dan diburu banyak orang karena hanya terjadi di dua gunung berapi aktif di dunia, di Islandia dan di Indonesia, tepatnya di Kawah Ijen.

Lantas mengapa Kawah Ijen bisa menyemburkan api berwarna biru?

Merupakan suatu kebetulan yang terjadi secara kontinyu, Kawah Ijen dengan kandungan belerang yang begitu besar bertemu dengan panas bumi bertekanan tinggi sehingga terjadilah reaksi oksidasi.

Reaksi pembakaran belerang inilah yang menghasilkan panas dan cahaya, yang diterima sebagai warna biru oleh reseptor mata kita.

Susah payah pendakian berselimutkan hawa dingin pun terbayarkan sudah oleh tarian oksidasi sulfur yang menyala-nyala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *