Fenomena Alam yang Paling Menakjubkan

Fenomena Alam yang Paling Menakjubkan

Fenomena Alam yang Paling Menakjubkan

Fenomena Alam yang Paling Menakjubkan – Buat kamu yang udah terbiasa nggak jauh-jauh dari rumah, mungkin lingkungan sekitarmu ya tampak monoton dan terasa gitu-gitu aja. Cuaca ya gini-gini aja, kalau nggak panas ya hujan. Iklimnya pun ya juga gitu-gitu aja. Beda dengan orang yang terbiasa mengunjungi tempat lain, dia bisa melihat iklim dan cuaca di tempat lain. Tumbuhan dan hewan di negara lain juga sangat bervariasi dan unik. Termasuk fenomena alam di luar sana juga cukup beragam dan bisa bikin kamu terkagum-kagum karenanya.

Alam selalu menyimpan misteri yang dibalut dengan sejuta keindahan dan pesona. Saking menakjubkannya, fenomena alam yang terjadi bisa membuat mata kita terbelalak dan mulut jadi ternganga. Keindahan ini sering kali tak disadari oleh manusia, karena umumnya terjadi di tempat yang terpencil dan jauh dari peradaban.

Bioluminescence yang terjadi di laut

Kagum dengan lautan yang tampak seperti disinari cahaya? Fenomena ini dinamai dengan bioluminescence yang terbentuk dari produksi dan emisi cahaya oleh organisme hidup, ungkap laman The Adventure Club. Di darat, bioluminescence disebabkan oleh kunang-kunang, sementara di laut disebabkan oleh bakteri, ubur-ubur, plankton atau ganggang.

Fenomena bioluminescence bisa kamu saksikan di Thailand. Tepatnya, di daerah Ton Sai, Krabi, Thailand. Ketika malam menjelang, plankton berwarna biru ini akan muncul dan menyinari lautan. Selain itu, fenomena bioluminescence di laut bisa kamu temukan di Toyama Bay, Jepang dan Halong Bay, Vietnam.

Menyaksikan langit yang dihiasi oleh aurora

Mungkin, kita sudah mengetahui aurora sejak lama dan mendambakan untuk melihatnya langsung. Aurora adalah cahaya di langit yang disebabkan oleh tabrakan antara partikel bermuatan listrik serta bertabrakan dengan gas oksigen dan nitrogen, ungkap laman Aurora Service. Akibatnya, tercipta cahaya berwarna-warni di langit saat malam hari.

Di mana tempat terbaik untuk melihat aurora? Kamu bisa melihatnya di berbagai tempat, seperti di daerah Fairbanks, Alaska; Yukon, Kanada; Seltjarnarnes, Islandia; Pulau Lofoten, Norwegia; Kakslauttanen, Finlandia dan masih banyak lagi.

Menyaksikan ‘matahari hitam’ di Denmark

Tentu, ‘matahari hitam’ di sini bukanlah matahari yang memancarkan sinar berwarna hitam. Ini adalah nama lain dari sort sol, fenomena alam yang terjadi di Denmark. Selama bulan Maret hingga April, ada satu juta burung yang terbang di langit saat senja datang. Karena matahari dihadang oleh burung-burung, maka istilah matahari hitam pun muncul.

Tidak semua tempat di Denmark menyajikan fenomena sort sol. Fenomena alam ini bisa kita saksikan di rawa-rawa dekat Tønder dan Ribe. Gerombolan besar burung terbang bersamaan di langit untuk menentukan di mana mereka akan tidur malam itu.

Awan lenticular yang terbentuk di atas gunung

Seperti yang kita tahu, awan memiliki bentuk yang beragam. Ada yang tipis, ada yang tebal seperti brokoli di angkasa. Namun, pernahkah kamu menjumpai awan lenticular? Awan ini terbentuk di bawah stratosfer dan memiliki bentuk seperti piring terbang. Karena tampilannya yang unik, beberapa orang salah persepsi dan mengira awan ini UFO.

Lantas, bagaimana awan lenticular terbentuk? Ini terjadi ketika udara stabil dan lembap yang mengalir di atas gunung menciptakan serangkaian gelombang berosilasi. Saat udara turun melalui gelombang, ketika suhu udara dan suhu titik embun tidak sama, maka penguapan akan terjadi. Lalu, awan lenticular akan terbentuk.