#DiRumahAja Jadi Sering Main Gadget, Ini Carah Cegah Sinar Biru

#DiRumahAja Jadi Sering Main Gadget, Ini Carah Cegah Sinar Biru

Cegah Mata dari pancaran Sinar Biru

Gadget – Karena anjuran #DiRumahAja tanpa disadari kamu jadi lebih sering bermain dengan gadget, entah itu ponsel maupun laptop. Padahal layar dari gadget memancarkan sinar biru yang kurang baik untuk mata kita. Apalagi jika terlalu lama terpapar.

Baca juga : Kelebihan WhatsApp untuk Rapat Online

Sehingga jika kamu sadar bahwa selama karantina diri ini kamu sering bermain gadget, kamu harus lakukan hal-hal yang bisa menangkal sinar biru masuk ke mata melalui cara-cara di bawah ini, ya.

Kacamata Radiasi

Kacamata anti radiasi dibuat untuk mampu menangkal sinar biru agar tidak menembus ke mata. Kacamata ini tersedia di pasaran berupa kacamata biasa yang memiliki lensa anti radiasi saja dan juga kacamata untuk gangguan penglihatan seperti plus, minus, dan silindris yang dilengkapi dengan lensa anti radiasi.

Sebaiknya kamu biasakan menggunakan kacamata anti radiasi setiap akan melihat gadget dalam jangka waktu yang lama, ya.

manfaatkan Fitur Bluelight Filter

Ponsel zaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur Blue Light Filter. Fitur ini mengubah warna layar yang tadinya kebiruan menjadi kekuningan sehingga lebih nyaman untuk mata.

Beberapa ponsel bahkan menambahkan fitur nyala otomatis sehingga Blue Light Filter ini akan menyala secara otomatis di waktu-waktu tertentu yang sudah ditentukan. Gunakan fitur ini selama kamu menggunakan ponsel dalam jangka waktu yang lama, ya.

Aplikasi Pihak Ketiga

Jika fitur Blue Light Filter biasanya hanya terdapat pada ponsel, lalu bagaimana dengan laptop? live22 hebatbet Kamu bisa menggunakan software pihak ketiga untuk membantu menghalau sinar biru yang merugikan mata ini.

Untuk sistem operasi Windows, kamu bisa menginstall software seperti f.lux, Iris, dan Sunsetscreen. Beberapa software ini memiliki pengaturan yang semakin memudahkan kamu untuk mengatur penggunaan layar agar tidak menyakiti mata.

Terapkan Metode 20-20-20

Ada aturan klasik yang dipercaya bisa membantu mengistirahatkan mata dari kelelahan akibat melihat layar gadget terlalu lama yang bisa digunakan juga untuk mengurangi paparan radiasi sinar biru.

Dengan menerapkan aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit sekali melihat ke arah lain dengan jarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Cara ini mampu mengistirahatkan mata termasuk dari radiasi sinar biru.

Untuk jaraknya tidak harus tepat 20 kaki, yang penting kamu mengarahkan pandangan ke tempat yang jauh saja juga sudah cukup.

Atur Pencahayaan Ruangan

Sinar biru ternyata tak hanya dikeluarkan oleh gadget saja, namun dari lampu juga lho. Sehingga meskipun kamu sudah melakukan banyak cara untuk menghalau sinar biru dari gadget, kamu juga perlu memerhatikan cahaya ruangan di tempat kamu sering memainkan gadget.

Pilih lampu dengan cahaya yang hangat seperti lampu pijar atau LED kuning daripada lampu neon atau lampu LED putih agar bisa mengurangi paparan sinar biru dari luar gadget kamu. Selain lampu kamu juga bisa menggunakan lilin untuk penerangan yang bebas dari sinar biru. Dengan lampu yang cenderung kurang terang ini, ada baiknya kamu juga mengurangi kecerahan layar dari gadget agar semakin nyaman di mata.

Sedangkan di siang hari, usahakan ruangan di tempat kamu bermain gadget disinari cahaya matahari langsung sehingga kamu gak perlu menghidupkan lampu lagi.

Itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menangkal sinar biru dari gadget selama #DiRumahAja. Semoga bermanfaat, ya!

Sumber : idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *