Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Beli True Wireless Stereo, Jangan Sampai Salah Beli!

Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Beli True Wireless Stereo, Jangan Sampai Salah Beli!

Diperhatikan Sebelum Beli True Wireless

Diperhatikan Sebelum Beli True Wireless  – Kecanggihan teknologi memang tidak ada ujungnya. Apa lagi gadget satu ini, True Wireless Stereo (TWS) atau lebih dikenal dengan nama in-ear wireless mulai meramaikan pasar perangkat audio tanah air. Penikmat audio tidak perlu repot lagi untuk membawa headset berkabel. Cukup dengan menyalakan bluetooth kini TWS sudah dapat terhubung dengan telepon genggam kamu. Mudah banget ya?

Baca juga : Orang Lebih Banyak Nonton Konten Porno saat WFH

Eits, tapi tunggu dulu. Apakah semua TWS ini sesuai kebutuhan kamu? Beberapa hal ini bisa kamu simak terlebih dahulu sebelum membeli!

Budget

Budget merupakan hal yang paling utama dalam memilih perangkat TWS. Tentu saja hal ini akan jauh lebih memudahkan untuk mencari produk yang sesuai. Mau budget minim atau pun banyak, setiap range harga mempunyai spesifikasi unggulannya masing-masing. Jangan sampai hanya karena trend, malah menguras isi dompet ya!

Ketahanan dan Baterai

Seperti yang kita ketahui teknologi TWS sudah tidak lagi menggunakan kabel. Sehingga dalam pemakaian digantikan oleh bluetooth yang tersambung dengan perangkat telepon genggam kita. Hal ini tentu saja mempunyai sedikit kekurangan, yakni daya baterai telepon akan jauh lebih boros dan harus sering mengisi dayanya kembali

Selain itu, perangkat TWS ini juga mempunyai daya baterai yang terbatas. Salah satu contohnya adalah TWS umumnya bisa bertahan hingga 3-4 jam(tergantung merek dan tipe) untuk mendengarkan musik dan untuk mengisi daya ulang membutuhkan waktu kurang lebih dua jam. Mungkin akan terasa sedikit merepotkan apabila kamu sering lupa atau tidak sempat mengisinya kembali.

Suara yang Dihasilkan

Preferensi lagu yang sering didengar bisa menjadi tolak ukur untuk kamu dalam memutuskan jenis TWS seperti apa yang cocok. Jika kalian suka mendengarkan lagu bertema EDM(Electronic Dance Music), TWS dengan suara bass yang kencang akan cocok denganmu. Namun, jika kamu tipe seorang audiophile pilihlah TWS yang mengutamakan detail suara vokal, karakter seimbang dari segi trebble dan bass. Sesuaikan saja dengan kebiasaanmu dalam menikmati musik. Inget, jangan sampai ketuker!

Fitur Noise-canceling

Sering kali orang mengabaikan fitur noise cancelling pada sebuah TWS. Padahal ini cukup penting apabila TWS kamu tidak hanya dipergunakan untuk mendengarkan musik, tetapi juga dipergunakan untuk menelepon. Fitur noise cancelling berfungsi mengurangi suara kebisingan yang masuk ke dalam microphone sehingga percakapan kamu di telepon akan terasa lebih nyaman ataupun saat merekam suara.

Desain yang Menarrik dan Nyaman

Setiap brand mempunyai ciri khas yang unik dalam mendesain perangkat TWS-nya. Mulai dari bentuk eartips, bentuk body device-nya hingga charging case yang dipergunakan untuk mengisi daya ulang. Berhubung daya baterai TWS ini tidak setahan lama telepon genggam, mau tidak mau charging case harus juga dibawa ke mana-mana apabila bepergian. Mengingat hal tersebut, pastikan memilih desain nyaman dan compact ya!

Tombol Pengatauran

Tidak semua TWS dapat dikontrol dengan mudah dari perangkatnya langsung, beberapa TWS di luar sana masih menggunakan mode manual yakni mengaturnya via telepon genggam. Hal ini dikarenakan ukuran TWS yang lebih kecil. Sering kali tombol pengaturan tidak dimaksmimalkan, dan dibagi melalui sensor sentuh pada perangkatnya dan beberapa harus diatur secara manual dari telepon genggam.

Sensor sentuh ini biasanya berguna dalam menjawab panggilan dan mematikan daya. Sedangkan untuk mengatur volume atau untuk memainkan musik bisa dilihat dan diatur melalui telepon. Jadi cermati dulu spesifikasinya lebih detail lagi agar di kemudian hari kamu tidak dibuat bingung oleh perangkat yang satu ini.

Jadi gimana sudah ada gambaran TWS yang akan dibeli? Jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya!

Sumber : idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *