Cara Merawat PC Gaming

e13365cc12bdc4a571f491773f42eb11501209be

Cara Merawat PC Gaming

Cara Merawat PC Gaming – Buat para pemain game PC, tentu kalian punya desktop kesayangan. Biasanya, PC kesayangan kita jadi barang wajib yang kurang diperhatikan. Mesin yang bisa jalan lebih dari tiga jam sehari ini tentu punya masa saat kondisinya enggak lagi prima seperti kala pertama dirakit.

Atur Kabel biar Enggak Berantakan

Hal pertama yang bisa bikin PC awet adalah menjaga manajemen kabel. Hal ini mungkin terlihat sepele, tapi percayalah, kabel yang terlipat dan kusut bisa membuat komponennya jadi lebih rentan. Apalagi kalau kabel terlalu berantakan di atas meja, tentu besar risiko tertarik atau terhimpit sama barang.

Jangan biasakan enggak peduli memperhatikan kabel. Kabel yang terkelupas atau kehilangan kelenturan lebih rentan rusak dan malah mengancam komponen lain. Untuk kabel CPU, misalnya, kalian harus bisa melakukan pengaturan yang baik. Jadi, ketika memasang atau mengganti komponen, kalian enggak lagi kerepotan.

Pasang Filter Debu di CPU

Jika kalian ingin merawat bagian CPU, hal terpenting yang bisa kalian lakukan adalah memasang filter debu. Di dalam case, kita tentu memasang kipas yang bakal mengalirkan udara dan enggak jarang debu terbawa sehingga menyumbat. Biasanya, case premium bakal punya fitur ini, tapi tentu enggak semua case punya keistimewaan tersebut.

Kehadiran filter debu sangat penting untuk dipasang di lubang aliran udara. Biasanya, ada beberapa spot yang bisa kalian temukan di bagian atas, belakang, dan depan casing. Filter debu untuk PC cenderung berukuran besar dan bisa digunting untuk dipasang. Namun, ada juga yang bisa dipasang langsung di bagian kipas. Harga untuk filter debu biasanya sangat murah. Jadi, jangan pelit untuk pasang fitur yang krusial ini!

Taruh Komputer di Tempat Terbuka

Bagi beberapa orang, menaruh CPU di bawah meja biasanya dianggap lumrah. Ternyata, hal lumrah ini justru membuat CPU lebih cepat kotor. Di tempat tertutup, debu dan udara lembap enggak hanya menyumbang debu, tapi juga membuat PC cepat panas. Idealnya, CPU ditaruh di atas meja dan ruang terbuka supaya aliran udara jadi lebih sehat.

Sebenarnya, ada pertimbangan lain selain menjaga aliran udara, yakni supaya komputer dan komponen kabel terlihat lebih jelas. Dengan menaruh CPU di bawah, simpul kabel biasanya tercecer sehingga bisa saja terinjak dan melilit. Mulai sayangi mesin komputer kalian supaya umurnya jadi lebih panjang, ya!

Rajin Bersihkan PC

Idealnya, jika telah memberi proteksi debu atau menyimpan PC di tempat terbuka, kita masih harus melakukan maintenance setiap tiga bulan sekali. Meski sudah memasang filter debu, kita harus membersihkannya karena debu yang menumpuk bakal membuat udara jadi susah mengalir di dalam mesin. Belum lagi, selalu ada sisa debu yang masuk ke komputer.

Alat yang bisa kita gunakan untuk membersihkan komponen PC adalah kuas atau dust blower. Alat sederhana ini bisa digunakan untuk menumpas debu yang tersisa dalam komponen. Selain debu, kalian juga bisa memperhatikan thermal paste yang menempel di prosesor. Meski pasta ini mampu bertahan sangat lama, jika terlalu kering dan prosesor sering panas, ada baiknya kita mengganti thermal paste.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *