Cara Agar Komputer Kamu Terhindar dari Virus Berbahaya

Cara Agar Komputer Kamu Terhindar dari Virus Berbahaya

Cara Agar Komputer Kamu Terhindar dari Virus Berbahaya

Cara Agar Komputer Kamu Terhindar dari Virus Berbahaya – Virus adalah salah satu ancaman bagi para pengguna komputer. Apalagi, kalau kamu suka menjelajah internet. Karena Kalau gak hati-hati, bisa jadi semua datamu rusak atau bahkan dicuri peretas.

Dikutip dari laman https://doelgercenter.com/  ada beberapa cara di bawah ini yang ampuh untuk mencegah virus masuk ke komputer kamu. Yuk simak ulasannya.

1. Pasang antivirus dan update secara berkala 

Antivirus adalah salah satu aplikasi yang wajib dipasang bagi pengguna komputer. Antivirus ini berisi daftar-daftar virus yang berbahaya dan memberantasnya pada waktu yang sama. Jadi, komputer kamu bisa aman dari virus-virus jahat.

Kamu bisa memilih satu dari beberapa antivirus yang terkenal. Salah satunya adalah Antivirus asal Indonesia, Smadav. Kamu juga bisa memilih antivirus lain seperti Avira, Eset Nod 32, Kaspersky, dan masih banyak lagi.

2. Scan berkala dengan antivirus 

Setelah kamu memasang antivirus, lakukanlah scan berkala pada komputermu. Scan dengan jangka waktu seminggu sekali atau minimal sebulan sekali.

Scan berkala ini bertujuan untuk memonitor virus di komputer kamu. Jika terdeteksi, maka virus tersebut akan langsung dikarantina dan dihapus oleh antivirus kamu.

3. Waspada saat menjelajah Internet 

Internet jadi salah satu sarang virus. Maka dari itu, kamu harus hati-hati saat browsing di internet.

Tak jarang, iklan-iklan di internet adalah sebuah virus. Jangan sampai kamu memasang virus yang nantinya dapat merusak komputermu. Pastikan kamu tidak asal klik pada sebuah iklan.

4. Jangan gunakan jaringan terbuka 

Jaringan terbuka yang dimaksud adalah jaringan Wi-Fi tanpa kata sandi atau password. Kamu patut curiga jika jaringan Wi-Fi tersebut tidak memakai password. Bisa jadi jaringan Wi-Fi tersebut sengaja dipasang para peretas untuk menyebarkan virus ke komputer kamu.

Kalau kamu sedang berada di cafe, airport, atau tempat umum lainnya, pastikan jaringan Wi-Fi di tempat itu aman.

5. Berhati-hati saat menggunakan USB 

Sekarang, USB menjadi salah satu alat penyimpanan data yang praktis. Sayangnya, hal ini menyebabkan USB rentan dijangkiti virus. Kamu harus hati-hati nih dalam menggunakan USB. Karena bisa saja komputer kamu tertular virus dari USB.

Jika teman kamu memindah menggunakan USB, kamu harus hati-hati karena bisa jadi USB tersebut terkena virus. Kamu harus pastikan USB yang masuk ke komputermu bebas dari segala virus. Jadi, jangan asal colok ya.

6.Waspada saat membuka e-mail attachment dari pengirim tak dikenal 

Seringkali, kamu menerima email dengan attachment atau lampiran di tubuh email tersebut. Kamu harus hati-hati dalam membuka lampiran tersebut karena bisa jadi email attachment tersebut adalah virus.

Pastikan kamu tahu siapa pengirim email dan memang menunggu lampiran tersebut. Jadi, kalau kamu gak tahu siapa pengirim emailnya, jangan buka email attachment dan hapus emailnya.