7 Alasan Menggunakan Sistem Pendinginan Air di Komputer

7 Alasan Menggunakan Sistem Pendinginan Air di Komputer

7 Alasan Menggunakan Sistem Pendinginan Air di Komputer

7 Alasan Menggunakan Sistem Pendinginan Air di Komputer – Anda mungkin sudah mulai sering melihat personal komputer yang memiliki dalaman berwarna-warni.

Buat anda yang tahu bagian warna-warni itu adalah water cooling system, sistem pendinginan komputer yang menggunakan air.

Dilansir https://theiotrevolution.com Sistem ini sedang ramai diperbincangkan oleh para pengguna komputer, khususnya para gamer. Anda pun pasti penasaran: “Memang apa keunggulannya dari sistem pendinginan biasa yang menggunakan kipas?” Berikut ini ulasannya..

1. Efisiensi yang lebih baik 

Air mampu mengalirkan panas lebih efektif karena konduktivitas panasnya yang tinggi. Selain itu air juga mampu merendahkan suhu panas berbagai komponen.

2. Meningkatkan potensi overclocking 

Overclocking adalah kemampuan komputer untuk bekerja lebih keras sehingga mempercepat dan memperlancar kinerja komputer. Proses ini memanaskan komputer lebih cepat, tetapi dengan water cooling system, komputer bisa lebih baik mempertahankan suhunya sehingga tidak cepat rusak.

3. Tidak banyak suara 

Air cooling system menimbulkan suara yang mengganggu ketika bekerja. Hal itu tidak dilakukan oleh penggunaan water cooling. Air yang mengalir di komputermu jauh lebih tenang dan tidak akan mengganggu fokusmu.

4. Mempertahankan temperatur lebih lama 

Komputer yang menggunakan air sebagai pengatur suhunya mendorong panas keluar, bahkan ketika komputer sedang bekerja dengan sangat keras. Sebagai contoh melakukan streaming. Tak hanya berat, streaming bisa berjalan dalam waktu lama dan water cooling system bisa mengatasi hal tersebut.

5. Tidak menghabiskan tempat 

Pendingin bermaterial air tidak memakan banyak tempat. Berbeda dengan pendingin fan. Karena itulah komputer zaman dulu memiliki ukuran yang besar karena harus mempertimbangkan pendingin fan.

6. Mendinginkan GPU berperforma tinggi 

GPU high-end bisa memanaskan komputer dua hingga tiga kali lipat. Kalau menggunakan kipas angin, kamu bakalan mendengarkan suara bising kerja keras kipas dalam mendinginkan komputer. Masalah itu tidak bakal muncul ketika menggunakan water cooling system.

7. Baik untuk iklim hangat 

Mereka yang tinggal di area tropis bersuhu cukup tinggi jelas akan memudahkan komputer untuk lebih cepat panas. Menggunakan sistem pendingin air jelas akan lebih efisien mengingat air tersebut tidak akan membeku, tidak seperti di negara dingin.