6 Cara Mudah Untuk Membersihkan Keyboard Laptop

6 Cara Mudah Untuk Membersihkan Keyboard Laptop

6 Cara Mudah Untuk Membersihkan Keyboard Laptop

6 Cara Mudah Untuk Membersihkan Keyboard Laptop – Persoalan debu pada keyboard sering dianggap sepele para pengguna laptop. Padahal kalau dibiarkan debu akan semakin banyak dan menumpuk. Suatu saat debu-debu ini membuat laptop Anda terkena masalah yang cukup serius. Diantaranya laptop keyboard tidak berfungsi, laptop nge-hang, hal terparah laptop Anda bisa korslet.

Permasalahan yang demikian tentu tidak ingin Anda alami bukan? Maka dari itu, bersihkan keyboard laptop Anda secara berkala bahkan terjadwal untuk menghindari kerusakan. Untuk cara membersihkannya sendiri berikut akan diuraikan cara membersihkan keyboard laptop yang mudah, aman, simple, dan sederhana. Yuk simak ulasan Login IDN Poker Mobile berikut ini!  

1. Matikan Laptop

Demi alasan keamanan, langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum membersihkan keyboard ialah mematikan laptop. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya korslet saat membersihkan keyboard dalam keadaan menyala. Selain itu, untuk menjaga terjadinya kerancuan pada sistem operasi maka laptop harus mati total terlebih dahulu. Karena saat membersihkan laptop memungkinan Anda memencet berbagai tombol dalam waktu yang bersamaan.

2. Letakkan Laptop dalam Posisi Terbalik 

Membalikkan laptop akan membantu membersihkan sela-sela debu yang menumpuk pada keyboard laptop Anda. Meski pada sela-sela yang sulit dijangkau sekalipun cara ini cukup manjur menghilangkan debu-debu yang tersembunyi. Dengan membalikkan laptop, debu akan jatuh dengan sendirinya. Cukup tunggu 15-30 menit keyboard laptop Anda akan bersih kembali.

3. Gunakan Vacum Cleaner

Adapun cara yang lebih efektif dan efisien yaitu dengan menggunakan vacum cleaner khusus pembersih keyboard. Gunakan vacum cleaner dengan tekanan rendah agar tidak mengganggu fungsi keyboard laptop. Dengan menggunakan alat ini Anda tidak perlu lagi membuang tenaga dan waktu secara berlebihan. Cara ini cukup simpel dalam rangka membersihkan keyboard laptop dengan debu yang menumpuk.

4. Gunakan Brush Make Up Bekas

Anda punya brush make up yang sudah tidak dipakai lagi?! Kalau iya, brush tersebut jangan dibuang dulu karena masih bisa digunakan sebagai pembersih keyboard laptop. Cara menggunakannya pun cukup simpel, pertama laptop Anda harus dibalikkan terlebih dahulu tentunya dalam keadaan mati. Kemudian gunakan brush make up bekas untuk menyapu debu-debu yang menyelinap pada sela-sela keyboard laptop Anda.

5. Menggunakan Hair Dryer

Hair dryer bisa menjadi alat alternatif dalam hal membersihkan keyboard laptop  Anda. Namun, pastikan terlebih dahulu debu-debu yang membandel dan menempel  pada sela-sela keyboard telah dibersihkan sebelumnya. Meski tidak terlalu bersih sekalipun yang penting debu-debu yang membandel sudah terangkat. Hal tersebut  dilakukan dalam rangka mencegah debu-debu terdorong lebih dalam oleh angin yang dikeluarkan hair dryer.

6. Cabut Keyboard Laptop

Cara ini biasanya digunakan sebagai cara terakhir untuk membersihkan keyboard pada ​harga laptop Lenovo terbaru Anda. Akan tetapi, cara ini disarankan untuk yang berpengalaman saja. Karena kalau asal-asalan cabut keyboard bisa-bisa laptop Anda malah rusak dan keyboard tidak berfungsi seperti biasanya.