5 Tips Mudah Pengobatan Rumahan yang Ampuh Mengatasi Luka Lepuh

5 Tips Mudah Pengobatan Rumahan yang Ampuh Mengatasi Luka Lepuh 1 - 5 Tips Mudah Pengobatan Rumahan yang Ampuh Mengatasi Luka Lepuh

5 Tips Mudah Pengobatan Rumahan yang Ampuh Mengatasi Luka Lepuh

Di lansir dari planetpreset.com, luka lepuh atau blister adalah kantong cairan yang terbentuk di antara lapisan atas kulit. Penyebab paling umumnya adalah gesekan, radang dingin (frostbite), paparan suhu panas, infeksi, dan luka bakar kimiawi. Meski demikian, lepuh juga bisa menjadi gejala beberapa penyakit.

Pada dasarnya luka lepuh punya fungsi proteksi yang melindungi lapisan kulit di mana ia terbentuk, membantu mencegah kerusakan lebih jauh pada jaringan kulit yang lebih dalam. Isi luka lepuh bisa berupa serum, plasma, darah, atau nanah tergantung bagaimana dan di mana luka terbentuk.

Kamu mungkin pernah mengalami luka lepuh bila sering atau terlalu lama menggunakan sepatu yang ukurannya tidak pas.

Kemunculan luka lepuh tentu bisa bikin kesal, menyebabkan nyeri, atau ketidaknyamanan. Nah, supaya luka lepuh cepat sembuh, ada beberapa tips pengobatan rumahan yang bisa kamu coba. Di kutip dari Daftar Club388, berikut ini beberapa tipsnya.

1. Tutup luka lepuh dengan plester

Di lansir The Healthy, penggunaan plester dapat mengurangi gesekan dan melindungi luka lepuh dari kontak iritan. Untuk luka lepuh, ada cara pakai plester yang di sarankan.

Pastikan plester tidak di regangkan dan di tempelkan dengan ketat. Tempelkan plester secara longgar dengan menempelkan kedua ujung plester lebih dekat, sehingga bagian tengah plester terangkat. Tujuannya adalah supaya luka lepuh yang umumnya menggelembung bisa “bernapas”, sehingga mendukung pemulihan sekaligus melindunginya dari gesekan dan kotoran yang dapat menyebabkan infeksi.

2. Gunakan teh hijau

Teh hijau memiliki antioksidan dan sifat antiinflamasi yang mungkin dapat mendukung penyembuhan luka. Menurut sebuah laporan dalam jurnal Phytotherapy Research tahun 2018, ekstrak teh hijau yang di campurkan dengan salep di temukan dapat mengurangi nyeri luka dan meningkatkan penyembuhan yang lebih baik dan lebih cepat.

Di lansir Doctor NDTV, kamu bisa memanfaatkan teh hijau dengan cara mencelupkan satu kantong teh hijau ke dalam air panas dan tambahkan soda kue (memiliki komponen antiseptik yang mencegah infeksi). Diamkan kantong teh hingga hangat, lalu tempelkan ke luka lepuh selama beberapa saat. Kamu bisa melakukan cara ini dua sampai tiga kali dalam sehari.

3. Bisa juga dengan cuka apel

Cuka apel sudah lama di gunakan sebagai metode pengobatan tradisional. Ternyata, khasiatnya juga bisa di manfaatkan untuk menyembuhkan luka lepuh.

Kamu perlu berhati-hati karena mengoleskan cuka apel mungkin memunculkan rasa sakit yang menyengat. Meski demikian, penggunaannya patut di coba karena cuka apel memiliki kekuatan antibakteri. Perlu di ingat, cuka apel adalah astringent, yang artinya dapat “mengencangkan” jaringan lunak. Tak apa-apa menggunakannya untuk waktu yang singkat, tetapi pastikan area luka tidak terinfeksi.

Bila perawatan dengan cuka apel terlalu menyakitkan buatmu, kamu juga bisa membersihkan luka dengan hidrogen peroksida, di lanjutkan dengan mengoleskan salep antibakteri.

4. Pakai minyak jarak

Minyak jarak atau castor oil juga bisa di gunakan untuk luka lepuh. Untuk menggunakannya, kamu cuma perlu mengoleskannya dengan kapas ke luka lepuh sebelum tidur, dan diamkan semalaman untuk membantu luka lepuh mengering.

Kamu juga bisa mencampurkan minyak jarak dengan cuka apel untuk membantu mengoptimalkan penyembuhan. Namun, cuka apel sebaiknya di gunakan untuk luka lepuh yang sudah pecah untuk mencegah infeksi.

5. Lidah buaya

Bila kamu mengalami luka lepuh akibat luka bakar ringan atau sengatan matahari, mengoleskan gel lidah buaya dapat membantu mengurangi rasa sakit. Kamu bisa menyimpan gel di dalam kulkas, karena suhu dinginnya akan membantu menghilangkan panas dari kulit.

Berdasarkan sebuah laporan dalam jurnal Annals of Plastic Surgery tahun 2016 tentang penyembuhan luka pada tikus, di temukan bahwa lidah buaya mengurangi peradangan, mempercepat penyembuhan, dan mengurangi ukuran jaringan parut.

Selain itu, sebuah studi dalam Journal of Histology and Histopathology tahun 2015 menemukan bahwa lidah buaya alias aloe vera efektif dalam menyembuhkan luka bakar tingkat dua dan tiga, menjadikannya obat rumahan yang ampuh untuk luka lepuh.

Studi dalam Journal of Pakistan Medical Association tahun 2013 menunjukkan bahwa gel lidah buaya lebih efektif daripada krim yang mengandung silver sulphadiazine yang di jual bebas dalam menyembuhkan luka bakar ketebalan dangkal dan parsial.

Kamu tinggal mengoleskan gel lidah buaya di sekitar luka lepuh.

Itulah beberapa pengobatan alami rumahan untuk membantu mengatasi luka lepuh agar penyembuhannya lebih cepat. Segera periksa ke dokter bila mengalami tanda-tanda infeksi, termasuk adanya nanah, demam, kulit kemerahan dan hangat di sekitar luka, garis-garis merah di sekitar luka lepuh, pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri atau pembengkakan yang meningkat, atau bila suntikan tetanus terakhir yang kamu dapat lebih dari 10 tahun yang lalu.