5 Tips Memilih Graphics Card pada Komputer Gaming

5 Tips Memilih Graphics Card pada Komputer Gaming

5 Tips Memilih Graphics Card pada Komputer Gaming

5 Tips Memilih Graphics Card pada Komputer Gaming – Graphics processing unit (GPU) merupakan komponen terpenting dalam komputer gaming.

Banyaknya seri GPU dapat membuat seseorang bingung buat memilih GPU. GPU untuk gaming memiliki harga yang cukup mahal.

Dilansir https://cal-graf.com Simak tips berikut untuk memilih GPU yang cocok buat anda. Yuk simak

1. Pilih antara AMD atau Nvidia 

Di industri GPU, terdapat dua perusahaan yang mendominasi: AMD dan Nvidia. Intel juga akan masuk dalam industri ini pada 2020. Nvidia dan AMD memiliki beberapa perbedaan.

AMD lebih unggul dalam GPU budget dan menengah ke atas. Sayangnya, GPU ini tidak terlalu efisien dalam hal performa. Nvidia tidak tertandingi dalam GPU kelas atas dengan GPU RTX miliknya.

2. Lihat siapa yang memproduksi GPU 

Nvidia dan AMD memproduksi GPU mereka sendiri dan memberikan lisensi kepada perusahaan-perusahaan teknologi untuk memproduksi GPU milik mereka. Asus, MSI, EVGA, dan perusahaan lainnya memproduksi GPU milik Nvidia dan AMD atau salah satunya saja.

Setiap manufaktur memiliki beberapa seri, seperti Asus yang memiliki TUF, STRIX, TURBO CEBERUS, dan lainnya. Seri-seri tersebut memiliki spesifikasi khusus dan performa yang berbeda. Pastikan kamu selalu membaca spesifikasi dari GPU tersebut dengan teliti.

3. Lihat besaran performanya

GPU untuk bermain game disarankan minimal memiliki memori sebesar 2 GB. Nvidia GTX 1050 dan AMD Radeon RX 560 merupakan standar minimal untuk gaming komputer. Semakin besar memori, semakin besar ukuran GPU. Pastikan kamu memiliki ruang yang cukup. Itu karena GPU dapat memakan slot di sebelahnya.

4. Tentukan harga yang akan kamu keluarkan 

Harga GPU yang ditawarkan bervariasi tergantung siapa yang memproduksi. Untuk harga GPU mainstream, berada di kisaran Rp2-5 juta. Untuk GPU high end, memiliki harga di atas Rp10 juta. Kalau kamu merakit komputer gaming, jangan habiskan setengah dari dana kamu untuk GPU, ya.

5. Lihat garansi dan layanan pelanggannya 

Garansi dan layanan pelanggan sangat berguna jika GPU bermasalah. EVGA memiliki garansi yang terbaik dibandingkan dengan kompetitornya, tetapi memiliki sedikit service center resmi di Indonesia.

EVGA bahkan memberikan limited lifetime warranty kepada pembeli pertama jika mereka mendaftarkan produknya 30 hari setelah pembelian. ASUS memiliki banyak service center di Indonesia. Jadi, kamu lebih mudah untuk membawanya ke service center jika ada masalah.