5 Langkah Menjadi Seorang Hacker Komputer Sejati

5 Langkah Menjadi Seorang Hacker Komputer Sejati

5 Langkah Menjadi Seorang Hacker Komputer Sejati

5 Langkah Menjadi Seorang Hacker Komputer Sejati – Bicara soal hacker tidak ada habisnya, namun untuk menjadi seorang hacker sejati bukan cara yang mudah. Garis besarnya, hacker harus mendalam kerja suatu sistem, komputer atau jaringan komputer.

Untuk mengetahui bagaimana cara menjadi hacker komputer sejati, seseorang juga sangat antusias untuk mempelajari berbagai hal tentang komputer sehingga menjadi ahli di bidang tersebut. Berikut usalasanya..

1. Mengusai Bahasa Pemrograman

Di era digital ini, penting untuk belajar coding jika kamu ingin menjadi hacker ahli. Ada banyak sekali bahasa pemrograman komputer yang bisa dipelajari. Kamu bisa mulai dengan belajar bahasa pemrograman dasar seperti Basic atau Pascal, sekadar untuk melatih logika dan belajar algoritma.

Selanjutnya, kamu bisa belajar bahasa pemrograman paling populer di dunia, yang bisa kamu lihat di artikel berikut: 50 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Dunia. Untuk memperoleh pengakuan sebagai seorang hacker, kamu harus mampu membuat program untuk exploit kelemahan suatu sistem.

2. Ketahui Hardware Komputer dan Spesifikasi

Hardware atau perangkat keras adalah komponen fisik dari sebuah komputer dan media yang dapat menghubungkan antara komputer dengan media lain, atau bahkan dengan komputer lain. Setiap komputer tentunya memiliki spesifikasinya masing-masing. Meskipun bentuk dan hardware-nya sama namun serinya bisa berbeda. Seorang hacker, tentunya nggak cuma jago coding tapi juga paham tentang hacker dan spesifikasi sebuah komputer.

3. Harus Bisa Memperbaiki Komputer

Selain mengetahui hardware dan spesifikasi teknis sebuah komputer, hal yang lebih penting lagi adalah kamu harus belajar dasar-dasar memperbaiki komputer.

Ketika seorang hacker komputernya rusak, tentu saja ia akan memperbaikinya dan merakitnya sendiri. Tidak perlu memanggil teknisi jika ada error seperti tidak terkoneksi dengan jaringan atau sekadar ada kerusakan kecil.

Selain itu, kamu juga harus paham soal driver yang dibutuhkan oleh sebuah komputer. Tentu ini akan sangat membantu ketika kamu ingin menginstal ulang sistem operasi.

4. Belajar Berbagai Software 

Setelah perangkat keras, berikutnya kamu juga harus paham dengan perangkat lunak. Software ini adalah sesuatu yang membuat komputer bisa berjalan, dan bentuknya bisa berupa sistem operasi, aplikasi, atau protocol.

Setiap hacker, tentunya memiliki beberapa hack tools untuk membantu aksi mereka. Hack tools untuk sistem operasi Windows dan Linux sudah banyak sekali beredar di dunia maya,

5. Harus Bisa Mengetik 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard 

Kemampuan mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja kamu di depan komputer. Tak hanya itu, kamu juga harus paham tentang penggunaan shorcut atau kombinasi kode yang ada di komputer.

Orang biasa tentu akan menggunakan komputer dengan cara-cara standar, menggunakan mouse, lalu klik-klik saja. Sementara seorang hacker, tentu bisa lebih efisien dalam menggunakan komputer. Jadi, semua akan lebih capat dalam bekerja jika dibandingkan pengguna komputer biasa.