4 Fenomena Langit yang Akan Terjadi di Bulan Mei 2020, Catat Tanggalnya

4 Fenomena Langit yang Akan Terjadi di Bulan Mei 2020

4 Fenomena Langit yang Akan Terjadi di Bulan Mei 2020, Catat Tanggalnya

4 Fenomena Langit yang Akan Terjadi di Bulan Mei 2020, Catat Tanggalnya,- Sudah seperlima jalan dari abad 21 st. Tahun 2020 melengkapi tahun terakhir dekade kedua, menjanjikan tahun yang menakjubkan untuk menyaksikan fenomena langit yang akan datang.

Bulan Mei sendiri menyuguhkan empat fenomena langit sekaligus yang akan menjadi hiburan Anda di tengah usaha jaga jarak fisik di rumah selama pandemi corona.

Apa saja fenomena langit yang akan terjadi? Berikut daftar dan jadwal 4 fenomena langit di bulan Mei 2020 yang dapat Anda saksikan:

6-7 Mei 2020 (Hujan Meteor Eta Aquarids)

meteor eta aquarid - 4 Fenomena Langit yang Akan Terjadi di Bulan Mei 2020, Catat Tanggalnya

Seperti kebanyakan hujan meteor, Eta Aquarids terjadi ketika partikel puing komet memasuki atmosfer kita dan terbakar, sehingga muncul sebagai bintang jatuh.

Dalam hal ini, puing-puing itu berasal dari Komet Halley, yang diduga berasal dari titik di konstelasi Aquarius.

Dalam kondisi sempurna, penikmat bintang dapat melihat sebanyak 60 meteor per jam, dan bagi mereka yang ada di belahan bumi selatan, biasanya akan menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan.

Hujan meteor ini berlangsung setiap tahun dari 19 April hingga 28 Mei. Puncaknya pada tahun ini terjadi pada malam 6 Mei dan pagi hari 7 Mei.

Tahun ini, akan ada cahaya bulan yang kuat (bulan akan menjadi lebih terang ketika mendekati fase “penuh” pada 7 Mei), jadi akan lebih sulit dari biasanya untuk melihat bintang jatuh dari Eta Aquarids.

Tampilan terbaik akan berasal dari lokasi yang gelap setelah tengah malam.

7 Mei 2020 (Bulan Purnama)

3107286900 - 4 Fenomena Langit yang Akan Terjadi di Bulan Mei 2020, Catat Tanggalnya

Bulan purnama terjadi setiap 29,5 hari dan pada saat bulan sepenuhnya diterangi oleh sinar Matahari. Itu terjadi ketika Bumi secara langsung sejajar di antara matahari dan bulan.

Bulan Mei dijuluki Bulan Bunga oleh penduduk asli Amerika awal karena bunga mekar berwarna-warni muncul sekitar waktu ini. Bulan ini juga dikenal sebagai Bulan Tanam Jagung Penuh dan Bulan Susu IDN Poker Daftar.

Orang Amerika kolonial mengadopsi beberapa nama bulan dan menerapkannya pada sistem kalender mereka sendiri, itulah sebabnya mereka masih ada sampai sekarang, menurut Petani Almanak.

Fase ini terjadi pada pukul 17.45 WIB. Jarak Bumi dengan Bulan adalah 361.184 Km(0,967 x jarak rata-rata Bumi Bulan) dengan ukuran diameter mencapai 33.08 menit busur.

Ini juga yang terakhir dari empat supermoon untuk tahun 2020. Bulan akan berada pada posisi terdekatnya ke Bumi dan mungkin terlihat sedikit lebih besar dan lebih terang dari biasanya.

22 Mei 2020 (Bulan Baru)

ilustrasi 20180829 091148 - 4 Fenomena Langit yang Akan Terjadi di Bulan Mei 2020, Catat Tanggalnya

Pada fase baru pada hari Jumat, 22 Mei pukul 17:39 GMT, bulan akan melakukan perjalanan antara bumi dan matahari.

Karena sinar matahari hanya menyinari sisi bulan yang diarahkan dari kita, dan bulan berada di wilayah yang sama dengan matahari, bulan tersembunyi dari pandangan, di mana-mana di Bumi selama sekitar satu hari.

Ini adalah waktu terbaik dalam sebulan untuk mengamati benda-benda redup seperti galaksi dan gugusan bintang karena tidak ada cahaya bulan yang mengganggu.

28 Mei 2020 (Matahari di Atas Kabah)

hesCXboJ7oD1ofy8TvQvQEPO8PEnPyOrVwWkW0zhVllvwCUPjPzr0BN5rmIfsu A71v5Ogjup1lcpH9U1kR yYt0CphratyAqSDUIDj0Ekk - 4 Fenomena Langit yang Akan Terjadi di Bulan Mei 2020, Catat Tanggalnya

Pada tanggal 28 Mei 2020, matahari berada tegak lurus di atas Ka’bah. Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa saat itu adalah waktu yang tepat untuk memperbaiki kiblat.

“Mari kita lakukan penyempurnaan arah kiblat,” jelas Thomas dalam referensi tulisan pada blog pribadinya.

Thomas menjelaskan, perlunya penyempurnaan atau pemeriksaan ulang karena sebagian besar masjid atau musala arah kiblatnya ditentukan sekadar perkiraan dengan mengacu secara kasar arah kiblat masjid yang sudah ada atau dengan menggunakan kompas yang tidak akurat.

“Dengan bayangan matahari pada saat-saat tertentu yang disebutkan di bawah ini, arah kiblat dapat lebih mudah dan lebih akurat ditentukan. Waktunya diberikan banyak pilihan, silakan gunakan waktu yang sesuai dengan mempertimbangkan keadaan cuaca dan konversi waktu setempat. Arah kiblat bisa ditentukan dari bayangan benda vertikal, misalnya tongkat, kusen jendela/pintu, atau sisi bangunan,” paparnya seperti tertuang dalam blog.

Thomas mereferensikan untuk menggunakan benda tegak, misalnya kusen jendela, untuk menentukan arah kiblat dari bayangannya pada waktu yang ditentukan. Beri tanda arah bayangan, misalnya dengan sajadah.

“Buat garis saf baru berdasarkan arah yang telah ditentukan. Jangan ragu menyempurnakan arah kiblat demi kebenaran”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *