4 Fenomena Alam Unik Di Dunia

082319100_1560739546-2

4 Fenomena Alam Unik Di Dunia

4 Fenomena Alam Unik Di Dunia – Dengan artikel kali ini kami akan memberikan beberapa fenomena unik yang pernah terjadi di dunia. Fenomena unik ini juga pernah terjadi di Indonesia.

Fenomena alam terkadang bekerja di luar akal manusia, bahkan cenderung tak terduga. Ada yang menakjubkan, ada pula yang menakutkan. Keunikan itu bisa terjadi berupa tornado api di Jepang, awan tsunami di Inggris hingga langit terbelah di Yogyakarta.

1. Hujan Benang di Australia
Pada Mei 2015, perumahan di daerah Southern Tablelands di New South Wales, Australia dihujani benang-benang halus dari langit berawan yang sontak menutupi sebagian atap warga. Seperti diberitakan The Sidney Morning Herald, benang-benang halus tersebut juga menutupi tetumbuhan dan pohon. Bahkan, selama beberapa hari, warga di daerah itu harus memakai penutup kepala dan pelindung mata untuk melindungi diri dari benang yang acap kali menyangkut di beberapa anggota tubuh. Usut punya usut, benang tersebut bukanlah benang yang biasa ditemukan dalam industri tekstil. Melainkan ulah jutaan laba-laba muda yang berimigrasi ke daerah tersebut secara serentak.

2. Langit ‘Terbelah’ di Yogyakarta
Menjelang senja pada 11 Juni 2010, langit di atas kota Yogyakarta menunjukkan hal yang tidak biasa. Sore itu warga Yogyakarta tengah dihebohkan dengan fenomena langit yang seakan terbelah. Sebuah cahaya biru membelah awan di langit Yogyakarta, memanjang hingga beberapa kilometer di atas daerah Yogyakarta. Fenomena “Langit Terbelah” juga pernah terjadi di beberapa daerah di Indonesia selain Yogyakarta. Kota Padang dan Pontianak di Kalimantan Barat, pernah juga mengalami fenomena tersebut.

3. Awan Tsunami di Inggris
Ratusan pengunjung Danau Huron di Inggris, pada Agustus 2018 bergabung untuk menonton fenomena alam langka, tsunami awan, yang tengah terjadi di barisan awan di langit danau tersebut. Tsunami awan, atau yang sering disebut sebagai fog bank adalah sebuah kumpulan awan yang terlihat seperti sedang menggulung di atas langit. Menurut National Weather Service, seperti dikutip Mother Nature Network, fog bank bisa terjadi diakibatkan udara panas terkondensasi di atas hamparan air yang dingin. Bagian atas awan yang bersuhu lebih panas akan turun ke bagian bawah.

4. Tornado Api di Jepang
Tornado api, atau yang lebih sering umum disebut Firenado, merupakan sebuah fenomena alam yang langka dan juga berbahaya. Tornado api umum terjadi di musim kemarau di lahan gambut yang tengah mengalami kebakaran besar. Api yang membakar lahan gambut ditambah dengan tekanan udara yang rendah cenderung berakhir dengan munculnya angin puting beliung api yang memiliki panas hingga 1.000 derajat celsius, meningkatkan daya rusak angin puting beliung dan tentu mempersulit upaya penanganannya.

Sumber: tirto.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *