Penemuan Tentang Televisi yang Bisa Memperburuk Memori Kerja

45 4 - Penemuan Tentang Televisi yang Bisa Memperburuk Memori Kerja

Penemuan Tentang Televisi yang Bisa Memperburuk Memori Kerja

Penemuan Tentang Televisi yang Bisa Memperburuk Memori Kerja – Televisi (TV) adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Kata “televisi” merupakan gabungan dari kata tele (jauh) dari bahasa Yunani dan visio (penglihatan) dari bahasa Latin, sehingga televisi dapat diartikan sebagai alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan.

Memori seringkali dianggap sebagai bagian dari otak yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan pengalaman masa lalu. Namun, sebenarnya memori bukan hanya suatu tempat penyimpanan atau storage melainkan suatu proses kimiawi kompleks yang melibatkan interaksi antar neuron.

Adapun proses atau tahapan memori dimulai dari memasukkan informasi, menyimpan informasi ke dalam ingatan, hingga menarik kembali informasi dari ingatan ketika dibutuhkan. Berbagai fakta dan dugaan ilmiah tentang memori manusia terus ditinjau oleh para ahli dan menghasilkan berbagai temuan baru yang menyumbang banyak bagi kemajuan ilmu sains terutama aplikasi idn poker open card ilmu kognitif.

1. Mekanisme memori spasial antara laki-laki dan perempuan berbeda
fromandroid f7f36949a2db9a40d5e3b7029f2981b9 - Penemuan Tentang Televisi yang Bisa Memperburuk Memori Kerja

Memori spasial adalah bagian yang menyimpan informasi tentang ruang bidang, bentuk, luas, jarak, arah, serta posisi suatu objek. Dalam penelitian terbaru yang di terbitkan dalam jurnal Neuroscience, di temukan fakta bahwa ada perbedaan cara antara perempuan dan laki-laki dalam memasukkan informasi dan menarik kembali informasi spasial dari ingatan.

Adapun perbedaan ini muncul seiring meningkatnya jumlah informasi dan kekompleksan informasi spasial yang di terima otak. Jadi, bukan kemampuan memori spasialnya yang berbeda ya, melainkan mekanisme memasukkan dan menarik kembali informasinya lah yang berbeda.

2. Bagian otak, yaitu hipokampus di duga berperan dalam pengambilan keputusan di masa depan
fromandroid e1f20037bb1a91c3e8f5401e6704f0e0 - Penemuan Tentang Televisi yang Bisa Memperburuk Memori Kerja

Pada saat manusia mengambil keputusan, tentunya juga di pengaruhi oleh ingatan masa lalunya. Sebuah review artikel dalam jurnal Trends in Cognitive Sciences menduga bahwa bagian otak, yaitu hipokampus berperan dalam menyimpan ingatan masa lalu pada manusia.

Secara tidak langsung, ingatan masa lalu ini lah yang akan berguna ketika manusia mengambil keputusan di masa depan. Gak mengherankan jika kerusakan pada hipokampus bisa membuat seseorang sulit mengingat dan mengambil keputusan ya!

3. Stimulus berupa musik dapat turunkan performa memori jangka pendek
fromandroid 21d5259e9901f0a5657bb6b494d8e71e - Penemuan Tentang Televisi yang Bisa Memperburuk Memori Kerja

Sebagian besar orang mungkin mendengarkan musik ketika belajar. Namun, bagaimana sih efeknya bagi penyerapan ilmu ke dalam ingatan?

Sebuah penelitian yang di terbitkan di jurnal Neuroscience menemukan bukti bahwa pemberian stimulus musik berpengaruh negatif pada memori jangka pendek orang dewasa terlepas dari apa pun genre musiknya.

Artinya, pemberian stimulus musik ketika proses mengingat berlangsung dapat menurunkan kemampuan memori jangka pendek seseorang. Ternyata musik juga bisa menghambat proses masuknya informasi ke ingatan ya!

4. Penggunaan televisi perburuk memori kerja, sebaliknya penggunaan komputer justru lindungi manusia dari penurunan memori kerja
fromandroid a3b420c94a8a014833419da077d1b17a - Penemuan Tentang Televisi yang Bisa Memperburuk Memori Kerja

Televisi dan komputer adalah dua perangkat yang sering di gunakan baik oleh generasi muda maupun tua. Ternyata penggunaan kedua perangkat ini menghasilkan efek yang kontras pada memori kerja manusia, lho!

Sebuah penelitian yang di lansir dalam jurnal Archives of Gerontology and Geriatrics menemukan bahwa penggunaan televisi dapat memperburuk memori kerja orang dewasa. Sebaliknya, penggunaan komputer justru melindungi orang dewasa dari penurunan performa memori kerja.

Memori kerja sendiri erat kaitannya dengan proses belajar, karena berfungsi untuk mengintegrasikan informasi, memanipulasi, membuang, hingga menarik kembali informasi dari ingatan. Wah, vital ya fungsinya!

5. Olahraga aerobik ternyata efektif tingkatkan memori kerja
fromandroid 349be550963361d168058b1574b4c5d4 - Penemuan Tentang Televisi yang Bisa Memperburuk Memori Kerja

Olahraga aerobik ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik. Namun juga berpengaruh secara positif dalam meningkatkan fungsi kognitif pada pasien ketergantungan narkoba, Iho!

Dalam studi yang di terbitkan di jurnal Psychology of Sport and Exercise di temukan bukti bahwa olahraga aerobik dapat di jadikan alternatif terapi. Yang efektif bagi pasien dengan ketergantungan narkoba jenis metamfetamin. Berguna banget untuk bantu kesembuhan para pasien, ya!

Itu dia 5 temuan ilmiah terbaru tentang memori manusia. Temuan-temuan ini tentunya membawa titik cerah pada perkembangan ilmu sains, khususnya bidang ilmu kognitif yang salah satu konsennya meneliti memori.