Melihat Pertumbuhan Ekonomi Negara-Negara di ASEAN

43 735x400 - Melihat Pertumbuhan Ekonomi Negara-Negara di ASEAN

Melihat Pertumbuhan Ekonomi Negara-Negara di ASEAN

Melihat Pertumbuhan Ekonomi Negara-Negara di ASEAN – Ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa.

Istilah “ekonomi” sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan νόμος yang berarti “peraturan, aturan, hukum”. Bank Dunia baru saja merilis Laporan Ekonomi untuk Kawasan Asia Timur dan Pasifik.

Dalam laporan tersebut Bank Dunia melaporkan, pertumbuhan ekonomi di ASEAN mencapai minus 3,5 persen (baseline), namun dalam skenario terburuk bisa minus 4,7 persen (low case). Lalu di negara ASEAN, ekonomi negara mana yang Login IDN Poker Apk pertumbuhannya terparah ?

1. Thailand pertumbuhan ekonominya di prediksi paling parah
grafik penurunan 45b647de645b07cd5afae40c86a8286c - Melihat Pertumbuhan Ekonomi Negara-Negara di ASEAN

Berdasarkan laporan yang di rilis oleh Bank Dunia, pertumbuhan ekonomi terparah di ASEAN untuk tahun ini ialah Thailand, dengan pertumbuhan ekonomi minus 8,3 persen (baseline) dengan skenario terburuk minus 10,4 persen (low case).

Urutan kedua, Filipina dengan prediksi pertumbuhan ekonomi minus 6,9 persen (baseline), dan skenario terburuk minus 9,9 persen.

Ketiga, Malaysia dengan prediksi pertumbuhan ekonomi tahun ini minus 4,9 persen (baseline) dan skenario terburuk 6,1 persen.

Sementara itu, Kamboja ada di posisi keempat dengan pertumbuhan ekonomi minus 2,0 persen (baseline) dan skenario terburuknya 2,9 persen.

Kelima, Laos dengan prediksi pertumbuhan ekonomi sebesar 0,6 persen, namun skenario terburuknya minus 2,4 persen.

Sementara Indonesia berada di urutan keenam, dengan prediksi pertumbuhan ekonomi minus 1,6 persen (baseline) dan minus 2,0 persen (low case).

Di susul oleh Myanmar yang di prediksi pertumbuhan ekonominya untuk baseline 0,5 persen dan low casenya di minus 0,9 persen.

2. Di ASEAN hanya Vietnam yang mampu tumbuh positif

Dari laporan yang di sampaikan oleh Bank Dunia, hanya ekonomi Vietnam yang mampu tumbuh positif di tahun ini. Dengan pertumbuhan ekonomi di 2,8 persen (baseline) dan skenario terburuk 1,5 persen.

Adapun untuk tahun 2021 ekonomi Vietnam di prediksi mampu tumbuh 6,8 persen persen (baseline) dan 4,5 persen (low case).

3. Asia Timur dan Pasifik di prediksi mengalami pertumbuhan ekonomi terendah sejak 1967

Sementara secara keseluruhan Kawasan Asia Timur dan Pasifik, di prediksi akan mengalami pertumbuhan sebesar 0,9 persen, dengan skenario terburuk 0,3 persen. Terendah sejak tahun 1967. Tetapi Tiongkok, di prediksi untuk mengalami pertumbuhan sebesar 2,0 persen.

“Di dorong belanja pemerintah, ekspor yang kuat, dan angka yang rendah pada kasus
penularan baru sejak bulan Maret, namun juga adanya konsumsi domestik yang lambat,” tulis riset itu

Adapun negara-negara lain di kawasan Asia Timur dan Pasifik lainnya di proyeksikan mengalami kontraksi sebesar 3,5 persen.